Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan pada tahun ini Indonesia akan menggelar seratusan agenda balap, meliputi 50 kejuaraan balap motor serta 56 kejuaraan balap mobil di tingkat nasional.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menjelaskan, selain dua agenda berskala nasional tersebut, akan ada dua balap motor tingkat internasional yakni dua putaran MXGP dan dua balap mobil TCR Asia dan Asian Gokart berskala internasional.

"Implementasinya, pada tahun 2021 ditargetkan ada 50 kejuaraan balap motor tingkat nasional dan 2 kejuaraan balap motor tingkat internasional (2 putaran MXGP), ditambah tujuh seri lomba balap motor bebek memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia," kata Bambang Soesatyo dalam perayaan HUT ke-115 IMI, secara virtual di Jakarta, Selasa.

Baca juga: MX GP jadi agenda internasional pertama kepengurusan baru IMI

"Serta 56 kejuaraan balap mobil tingkat nasional dan 2 kejuaraan balap mobil tingkat internasional (TCR Asia dan Asian Gokart)," ujar Bambang.

Terkait penyelenggaraan balap gokart, Bamsoet menjelaskan bahwa IMI akan memfasilitasi pembangunan sarana olahraga otomotif seperti sirkuit internasional Gokart di Pecatu, Bali dan sirkuit internasional F1 di Jembrana, Bali. Mereka juga akan mengembangkan sirkuit yang sudah ada, misalnya Sirkuit Sentul.

Bamsoet menjelaskan, IMI akan memakai kendaraan listrik sebagai official car dalam upaya mendukung Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Baca juga: Korlantas gandeng IMI bangun budaya tertib berlalu lintas

"Negara juga bisa mengalihkan subsidi BBM ke sektor lainnya seperti kesehatan, pendidikan, dan riset. Dalam rentang waktu 2014-2019, jumlah subsidi BBM mencapai Rp700 triliun. Di APBN 2021, subsidi untuk BBM jenis tertentu mencapai Rp16,6 triliun," kata Bamsoet, terkait manfaat menggunakan mobil ramah lingkungan.

Di luar kompetisi, Bamsoet juga menjelaskan bahwa IMI bermitra dengan Badan Narkotika Nasional untuk mendirikan pusat rehabilitasi narkoba. Sedangkan berdasarkan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani bersama Korlantas Polri pada 10 Maret 2021, IMI juga akan membangun sirkuit offroad di kawasan Indonesia Safety Driving Center (ISDC), Pusdik Lantas Polri, di Tangerang Selatan.

"Serta memanfaatkan lahan ISDC seluas 10 hektar untuk pelatihan safety driving dan safety riding kepada masyarakat, dengan pelatih profesional yang berasal dari para pembalap seperti Rifat Sungkar, Ananda Mikola, dan Moreno Soeprapto," terang Bamsoet.

Baca juga: Bamsoet tinjau perkembangan wisata otomotif di Bali

Baca juga: KONI Pusat dukung PP IMI untuk hadirkan lagi balap motor bebek

Pewarta: A069
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021