Jakarta (ANTARA) - Demi meningkatkan kualitas produk dan layanannya, Volvo Cars membuka kesempatan dan mengajak pengembang eksternal untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan di dalam mobil.  

Dengan meluncurkan Portal Inovasi (Innovation Portal), Volvo menyediakan beragam sumber daya dan alat secara gratis, memungkinkan pengembang eksternal membuat layanan inovatif baru dan aplikasi untuk dalam mobil. 

Dengan bantuan pengembangan perangkat lunak dan layanan yang lebih luas untuk produk-produknya, Volvo Cars bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan pelanggannya membuat mobil Volvo mereka lebih personal.

Sumber daya portal tidak hanya berguna untuk pengembang, tetapi juga untuk peneliti, pengotak-atik rumah pintar, dan seniman yang paham komputer. Dengan menyediakannya, Volvo Cars melanjutkan tradisi panjangnya dalam berbagi pengetahuan dan penelitian untuk berkontribusi pada jalan yang lebih aman bagi semua. 

"Mobil kami menjadi semakin pintar dan lebih terhubung, dan dengan itu muncul permintaan yang meningkat akan aplikasi dan layanan di antara pelanggan kami,” kata Henrik Green, kepala bagian teknologi di Volvo Cars, dikutip Selasa.

Baca juga: Penjualan Volvo November pulih, naik 6,4 persen

Baca juga: Volvo resmi hentikan penjualan truk di Meksiko


"Dengan membuat sumber daya ini tersedia untuk umum, kami mendukung pengembang di dalam dan di luar perusahaan kami, dan berkolaborasi dengan yang terbaik dari yang terbaik di bidangnya." 

Sumber daya yang tersedia di Portal Inovasi mencakup apa yang disebut emulator yang membuat ulang Sistem Operasi Otomotif Android dan aplikasi Google yang digunakan di Volvo baru, memberikan pengalaman sistem di dalam mobil yang akurat kepada pengembang di komputer mereka.

Emulator ini adalah alat yang berguna dalam mendukung pengembang aplikasi untuk merancang, mengembangkan, menguji, dan menerbitkan aplikasi langsung di Google Play di dalam mobil.

Platform ini juga akan menampilkan Extended Vehicle API, yang menandai pertama kalinya Volvo Cars menawarkan API kepada publik.

Dengan persetujuan pelanggan, API memungkinkan pengembang dan pihak ketiga lainnya untuk mengakses data dasbor mobil, seperti tingkat pengisian/bahan bakar dan jarak yang ditempuh, dan menggunakannya untuk membangun dan menyediakan layanan baru.

Data tambahan dan sumber data akan tersedia dari waktu ke waktu. Sumber daya lainnya termasuk set data LiDAR dan model mobil 3D produksi yang dapat diunduh dari Volvo XC40 Recharge yang sepenuhnya elektrik.

Set data LiDAR dirilis bersama dengan Luminar, pemimpin global dalam teknologi perangkat keras dan perangkat lunak LiDAR otomotif, dan Universitas Duke. Ini telah dibuat menggunakan sensor LiDAR kinerja tinggi Luminar, yang mendeteksi objek di sekitar mobil hingga 250 meter jauhnya dengan memindai lingkungan dengan pulsa lampu laser.

Kumpulan data ini dapat membantu para peneliti untuk meningkatkan algoritme yang terkait dengan deteksi LiDAR jarak jauh, elemen penting untuk membuat mobil otonom yang aman pada kecepatan tinggi dan di lingkungan lalu lintas yang kompleks.

Model mobil 3D dengan ketelitian tinggi dikembangkan bekerja sama dengan Unity, perusahaan di balik platform terkemuka dunia untuk membuat dan mengoperasikan konten 3D waktu nyata. Unity digunakan oleh pencipta mulai dari pengembang game hingga artis, arsitek, pembuat film, dan desainer otomotif.

Baca juga: Mobil listrik bantu Volvo pulih dari dampak pandemi

Baca juga: Volvo lipat tigakan produksi mobil listrik

Baca juga: Penjualan Volvo naik pada akhir 2020

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021