Jakarta (ANTARA) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menggelar pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sejak 2015, mengembangkan aplikasi digital GIIAS Auto360, yang menggabungkan tiga segmen otomotif yakni pameran digital, marketplace dan news industry update.

“Dengan dibangunnya aplikasi digital khusus untuk industri otomotif Indonesia diharapkan akan menjadi kendaraan baru bagi pemain industri untuk menggapai konsumen, dan tentu diharapkan akan memberikan yang terbaru dari industri otomotif untuk masyarakat,” ujar Ketua umum Gaikindo, Yohannes Nangoi dalam siaran pers, Rabu.

Baca juga: Gaikindo tunda pameran otomotif Jakarta Auto Week

Aplikasi itu memungkinkan konsumen melihat fitur dan spesifikasi tiap merek, jenis, serta tipe mobil secara lengkap untuk membantu konsumen menentukan pilihan.

GIIAS Auto360 juga menawarkan berbagai variasi bis dan truk, variasi motor, serta aftermarket, mulai dari aksesoris mobil dan motor serta kebutuhan produk dan jasa otomotif.

Aplikasi yang baru bisa diakses pada Juli 2021 itu diharapkan dapat menjembatani kebutuhan konsumen, penyelenggara pameran maupun produsen otomotif untuk mengantisipasi perubahan pola belanja otomotif selama pandemi COVID-19.

“Sebagai upaya bangkit, Gaikindo memperkenalkan inovasi terbaru, yakni sebuah aplikasi digital yang dapat memberikan solusi optimal dalam memenuhi semua kebutuhan produk dan jasa otomotif masyarakat Indonesia,” ungkap Rizwan Alamsjah sebagai Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

"Menggandeng merek-merek otomotif resmi yang juga hadir pada pameran GIIAS, menjadikan GIIAS Auto360 aplikasi penjualan otomotif yang aman dan terpercaya,” tutur Agus Riyadi, Project Director Seven Event, yang ditunjuk Gaikindo sebagai pelaksana penyelenggaraan pameran dan aplikasi digital GIIAS Auto360.

Ia menambahkan, saat ini mereka sedang dalam proses pendaftaran merchant yang terbuka bagi perusahaan otomotif untuk bergabung dan membuka peluang baru.

"Agar maksimal, aplikasi GIIAS Auto360 juga masih dalam proses penyempurnaan untuk memenuhi semua kebutuhan otomotif publik pada satu bulan menjelang pelaksanaan GIIAS 2021,” papar Agus.


Baca juga: GIIAS 2020 batal digelar

Baca juga: Astra Digital tawarkan layanan beli mobil dan test drive lewat Seva.id

Baca juga: Beli mobil bekas, lelang dan sewa kendaraan kini bisa lewat aplikasi

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021