Jakarta (ANTARA) - Semua produk Mercedes-Benz memang terbilang mewah, tapi ada lagi kelas premiumnya yang lebih mewah, yakni yang berlabel brand Mercedes-Maybach, dengan model terbarunya yang baru dirilis, sedan All-new Mercedes-Maybach S-Class, berbarengan dengan model SUV-nya GLS 600 4Matic.

Dengan penjualan yang terbilang sukses sejak diluncurkan pertama kali 2015, Mercedes-Maybach S-Class total telah terjual 60.000 unit di seluruh dunia, dengan 12.000 di antaranya angka untuk 2019 saja.

Cukup beralasan kenapa peluncuran model terbaru digelar di China, lantaran negara itu merupakan pasar terbesar Mercedes-Maybach sejauh ini, selain Rusia, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jerman.

Dibanding saudaranya, Mercedes-Benz S-Class, Maybach memiliki jarak sumbu roda lebih panjang 18 cm sehingga penumpang belakang akan lebih nyaman, baik untuk bekerja maupun bersantai. Dimensinya, mencakup panjang 5.469mm x lebar 1.921mm x tinggi 1.510mm.

Fitur lainnya yang membedakan adalah di bagian depan termasuk kap mesin yang khas dengan sirip chrome dan gril radiator Mercedes-Maybach. Ini sangat mudah dikenali dari garis trim vertikal tiga dimensi.

Tulisan MAYBACH diintegrasikan secara elegan ke dalam gril yang mengelilingi krom. Pintu belakangnya juga lebih lebar, dan pilar C menampilkan lampu fixed quarterlight. Eksklusivitas ditekankan oleh logo merek Maybach pada pilar C. Sebagai opsi, Mercedes-Maybach S-Class dapat dilengkapi dengan pintu belakang yang nyaman dan dioperasikan secara elektrik.

Baca juga: Perjalanan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia

Baca juga: Mercedes-Benz uji coba truk listrik di perusahaan logistik Belgia
All-new Mercedes-Maybach S-Class. (ANTARA/Mercedes-Benz)


Opsi lainnya, pembeli bisa meminta lapisan cat dua warna dengan garis pemisah. Teknologi lampu depan revolusioner DIGITAL LIGHT tersedia juga sebagai opsi. Ini memungkinkan fungsi baru, seperti memproyeksikan simbol peringatan ke jalan di depan.

Di setiap lampu depan, DIGITAL LIGHT memiliki modul lampu dengan tiga LED yang sangat bertenaga dengan cahaya yang dibiaskan dan diarahkan oleh 1,3 juta cermin mikro.

Di Mercedes-Maybach S-Class juga, kemewahan digital dan analog selaras. Tersedia hingga lima layar tampilan. Termasuk sebagai standar adalah layar utama di tengah dashboard OLED 12,8 inci sebagai pusat kendali berteknologi tinggi.

Speedometer di depan kemudi hadir dalam tampilan 3D di layar 12,3 inci dengan kedalaman serta efek bayangan tersedia berdasarkan permintaan.

Warna rose gold juga digunakan untuk pencahayaan ambience aktif (opsional), yaitu pita lampu LED animasi dengan fungsi kenyamanan dan keselamatan cerdas. Dengan rosé gold white dan amethyst glow, pencahayaan ambience aktif kini memiliki dua tema warna baru. Ada pula fungsi tambahan berupa lightshow “Rear Welcome” di bagian interior.

Lampu belakang adaptif merayakan penampilan perdananya di Mercedes-Maybach. Ini mengikuti keinginan pengguna dalam beberapa hal: selain kecerahan, ukuran dan posisi titik cahaya dapat disesuaikan. Ada juga rentang penyesuaian yang luas antara lampu kerja yang presisi dan lampu ruang santai.

Ada banyak kemewahan klasik juga: fitur baru termasuk area trim yang luas di kursi depan. Kayu berkualitas tinggi mengelilingi bagian belakang sandaran kursi depan. Jika First-Class Rear ditetapkan, area trim yang mencolok juga ditempatkan di antara dua penumpang belakang.

Kemewahan interior
 
All-new Mercedes-Maybach S-Class. (ANTARA/Mercedes-Benz)


Indikasi yang jelas bahwa pemilik Mercedes-Maybach S-Class biasanya akan duduk di belakang adalah kursi Executive yang sesuai standar di kiri dan kanan plus paket Chauffeur. Penghuni dapat menyesuaikan permukaan kursi dan sandaran kursi secara mandiri.

Menggunakan sandaran kaki di kursi depan dan sandaran kaki yang diperpanjang secara elektrik menciptakan permukaan sandaran yang nyaman dan berkelanjutan untuk posisi tidur yang nyaman.

Jangkauan penyetelan sandaran kaki telah diperpanjang sekitar 50 mm dibandingkan seri sebelumnya. Fungsi pijat betis sebagai bagian dari paket Kenyamanan Tempat Duduk Belakang adalah fitur baru. Pemanas leher/bahu di bagian belakang adalah fitur kenyamanan lainnya.

Generasi kedua MBUX (Mercedes-Benz User Experience) yang diperkenalkan pada tahun 2018 memulai debutnya di S-Class baru. Fitur unik MBUX adalah jaringannya dengan berbagai sistem kendaraan dan data sensor.
 
All-new Mercedes-Maybach S-Class. (ANTARA/Mercedes-Benz)


Tampilan brilian hingga lima layar besar, sebagian dengan teknologi OLED, membuat kontrol fungsi kendaraan dan kenyamanan lebih mudah. Kemungkinan untuk personalisasi dan pengoperasian intuitif menjadi jauh lebih luas.

MBUX Interior Assist mengenali berbagai tujuan penghuni. Kendaraan ini mengenali arah mata, gerakan tangan, dan bahasa tubuh penumpang, untuk membantu fungsi kendaraan otomatis sesuai dengan kebutuhan.

Mercedes-Maybach S-Class juga mampu mengenali gerakan dan gerak tubuh penumpang belakang dengan bantuan kamera laser 3D di roof liner. Misalnya, pemanjang sabuk untuk jok belakang luar secara otomatis menawarkan sabuk pengaman saat MBUX Interior Assist mengetahui niat penumpang untuk meraih sabuk dengan gerakan tangan.

Baca juga: Mercedes-Benz tingkatkan kepemilikan di Aston Martin
All-new Mercedes-Maybach S-Class. (ANTARA/Mercedes-Benz)


Mesin disempurnakan

Mesin Mercedes-Maybach S-Class berasal dari portofolio Mercedes-Benz dan sebagian dibantu secara listrik. Elektrifikasi adalah dengan generator starter generasi kedua (ISG) terintegrasi. Ini memberikan dorongan hingga 15 kW, memfasilitasi “meluncur” yang efisien saat mengemudi dengan kecepatan konstan, membuat pengalaman start/stop menjadi lebih nyaman dan membuat sistem penggerak lebih efisien secara keseluruhan.

Sebagai informasi, pada Mercedes-Maybach generasi sebelumnya (2020), mesin yang disematkan adalah mesin V12 berkapasitas 6.0 liter biturbo, yang menghasilkan tenaga maksimum 621 hp.
 
All-new Mercedes-Maybach S-Class. (ANTARA/Mercedes-Benz)

Transmisi 9G-TRONIC dikembangkan lebih lanjut dan diadaptasi untuk ISG. ISG dimungkinkan untuk menghilangkan seluruh penggerak sabuk dua bagian, karena kompresor refrigeran listrik digunakan. Artinya, bahkan saat mesin tidak bekerja (fase start/stop dan meluncur), interior dapat diatur secara efisien dan nyaman.

Suspensi udara AIRMATIC dengan ADS + redaman yang dapat disesuaikan adalah perlengkapan standar. Dengan menggunakan DYNAMIC SELECT, pengemudi dapat secara individual memodifikasi karakteristik powertrain, ESP, suspensi, dan kemudi. Pemilihan dilakukan dengan menggunakan kontrol di ujung bawah layar tengah. DYNAMIC SELECT memiliki mode mengemudi MAYBACH khusus. Ini sepenuhnya berfokus pada kenyamanan berkendara.
 
All-new Mercedes-Maybach S-Class. (ANTARA/Mercedes-Benz)


Kemudi gandar belakang opsional meningkatkan kemampuan manuver di area perkotaan. Ini mengurangi putaran putar hampir dua meter. Pelanggan memiliki pilihan antara dua varian: kemudi poros belakang 4,5 ° dan 10 °. Alih-alih 13,1 meter, maka lingkaran beloknya adalah 12,2 atau 11,2 meter.

Di sejumlah pasar, penjualan Mercedes-Maybach S-Class akan dimulai sebelum akhir tahun ini. Jerman akan menyusul pada musim semi 2021. Di AS dan China, pelanggan pertama akan menerima kendaraan mereka pada April 2021. Contoh pertama akan ada di diler di Eropa pada musim panas 2021. Harganya pun belum diungkap.

Baca juga: Daimler ingin gandakan penjualan Mercedes-Benz Maybach

Pewarta: S026
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020