Jakarta (ANTARA) - Meski masih diragukan bakal masuk Indonesia, SUV Kia Sorento 2021 dipastikan bakal mulai tersedia di pasar global pada akhir tahun ini, menambahi persaingan ketat segmen sport utility vehicle (SUV), model yang belakangan kian populer di dunia.

Sorento terbaru generasi keempat ini hadir dengan desain yang benar-benar berbeda dari pendahulunya, banyak pembaruan baik dari desain, pilihan mesin, hingga interior. Dan, sejak diluncurkan pertama kali pada 2002, Sorento kini telah mengantongi penjualan 1,5 juta unit di dunia.

“Kombinasi gaya, utilitas, keamanan, dan kenyamanan membuatnya menjadi favorit pelanggan abadi. Sorento baru menakjubkan ini menetapkan standar lebih tinggi di kelas SUV kompak dan mewakili puncak desain dan teknik Kia,” kata CEO Kia Motors Amerika Utara dan Kia Motors America, Sean Yoon, dikutip Kamis.

Baca juga: Kia mulai produksi Sorento Hybrid, dijual mulai kuartal ketiga 2020
 
Kia Sorento 2021. (ANTARA/Kia)


Eksterior
Selain garis-garis lebih tajam pada bodinya, dengan meningkatkan kesan tangguh dan mempertahankan estetika, Sorento baru telah mengalami evolusi di bagian depannya. Gril baru “hidung harimau” yang menjadi ciri khas baru Kia, juga disematkan pada Sorento 2021, selain pada Carnival baru dan beberapa model lainnya.

Lampu depannya menampilkan lampu LED daytime running 'tiger eyeline' baru, menambahkan fokus ekstra pada desain dengan menggambarkan kesan garis yang intens di sekitar mata harimau.

Bibir bemper yang tajam juga dilapisi dengan pelat selip, menyempurnakan tampilannya yang kokoh. Model baru ini memiliki lebar 1.900 mm, lebih lebar 10 mm dari Sorento generasi ketiga.

Model baru ini lebih panjang 10 mm dari pendahulunya (sekarang 4.810 mm), namun memiliki fitur overhang depan dan belakang yang lebih pendek. Panjang tambahan ditemukan pada jarak sumbu roda (hasil dari platform baru Sorento), yang telah bertambah 35 mm menjadi 2.815 mm.
 
Kia Sorento 2021 tampak belakang. (ANTARA/Kia)


Terinspirasi oleh Telluride, Sorento mengadopsi lampu belakang vertikal baru yang membungkus sisi bodi. Garis-garis tajam pada bodywork yang lurus menggemakan tampilan teknis bagian depan mobil, dengan bentuk horizontal digunakan untuk membuat kendaraan tampil lebih lebar dan lebih impresif di jalan raya.

Trim pada bumper belakang bawah yang sporty mewujudkan tampilan knalpot ganda, dan seperti bagian depan, dilengkapi pelat selip untuk menambah estetika SUV yang tangguh.

Spoiler terintegrasi yang halus juga menutupi wiper belakang, sehingga menghasilkan desain yang tidak terlalu rumit dan meningkatkan pandangan pengemudi dari belakang.

Sorento baru bakal tersedia dalam pilihan 10 warna, dengan opsi roda 17, 18, 19, dan 20 inci.


Baca juga: Kia Sorento generasi keempat tersedia opsi hybrid dan diesel

Baca juga: Kia tarik 228.000 unit Sedona dan Sorento

Baca juga: Kia Sorento Next Generation akan mejeng di Geneva Motor Show
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020