Jakarta (ANTARA) - Industri otomotif pada kuartal semester dua sudah semakin bergairah, memacu produsen otomotif untuk kembali meluncurkan berbagai kendaraan mereka guna meramaikan pasar otomotif di Nusantara.

Berbagai kendaraan juga mulai bermunculan, mulai dari kendaraan mewah dengan unit yang terbatas hingga kendaraan keluarga yang ramah lingkungan alias hybrid.

Baca juga: Awal semester II, penjualan mobil naik 100,3 persen

Baca juga: Pandemi COVID-19 pengaruhi penjualan mobil mewah


BMW

BMW Indonesia mengenalkan The 8 Coupe Series terbaru, sedan berkonsep coupe tapi dirancang menjadi empat pintu menawarkan kinerja sport dengan balutan desain mewah.

Sedan sport empat-pintu itu memiliki jarak sumbu roda 3.023 mm - peningkatan 201 mm dari BMW 8 Series Coupé dengan panjang 5.082 mm (+ 231 mm), lebar 1.932 mm (+ 30 mm) dan tinggi 1.407 mm (+ 61 mm).

Bagian depan THE 8 Gran Coupé identik dengan desain 8 Series Coupé - termasuk posisi pilar A. Ujung depan yang lebar dan rendah pancarkan kesan sporty dan maskulin. Hadir dengan BMW Laserlight dengan Selective Beam hasilkan jangkauan lampu jauh hingga 530 meter dan fungsionalitas adaptif.

Mobil BMW THE 8 Gran Coupé ini dibanderol lebih dari Rp2 Miliar.

Tidak hanya itu, BMW Group Indonesia juga memperkenalkan kendaraan BMW edisi spesial dalam jumlah terbatas dan penawaran istimewa yang hanya tersedia di bulan Agustus 2020.

Sejalan dengan tema “Indonesia Maju”, BMW Indonesia menghadirkan sedan bisnis premium terdepan; BMW 520i M Sport Edition 75 dengan logo Indonesia Maju pada LED projector dan center console.

BMW Indonesia menghadirkan dua kendaraan sport terbaru BMW X3 M Competition dan X4 M Competition yang dijual dengan harga di atas Rp 2 miliar.

Mobil dengan harga yang fantastis ini dibekali mesin enam silinder in-line dengan kinerja yang superlatif.

Penambahan varian kendaraan BMW M GmbH di segmen Sports Activity Vehicle (SAV) dan Sports Activity Coupe (SAC) ukuran sedang juga tandai kemunculan mesin in-line enam-silinder terbaru.

Mesin baru itu sangat menonjolkan karakter BMW M high-revving yang terkenal, pembaruan teknologi BMW M TwinPower Turbo terkini, plus sistem pendingin dan oil supply yang telah teruji di lintasan balap.

Baca juga: Tujuh produsen "recall" kendaraan di Korea Selatan

Baca juga: BMW hadirkan edisi spesial 520i M Sport & MINI John Cooper Works GP

Baca juga: BMW Indonesia hadirkan "virtual showroom"

MINI Cooper

MINI Indonesia resmi meluncurkan edisi terbatas dari MINI Rosewood Edition yang tersedia secara eksklusif hanya 40 unit dalam varian 3 Door dan 5 Door.

MINI edisi khusus ini menambahkan fitur terbaru pada hatchback klasik dengan warna eksterior baru yang berani dan eksklusif, dipadukan dengan berbagai aksen penyegaran.

Selain itu, Mini juga menghadirkan kendaraan paling buas di kelasnya, yakni MINI John Cooper Works GP, seharga Rp1,5 miliar dengan jumlah terbatas, hanya 12 unit di Indonesia.
MINI John Cooper Works GP (ANTARA/HO)


Baca juga: Spesifikasi MINI John Cooper Works GP

Baca juga: BMW tawarkan lima mobil listrik baru mulai tahun depan


Toyota Corolla Cross
 
Toyota Corolla Cross HEV (ANTARA/HO)


PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan kejutan untuk konsumen di Indonesia dengan menghadirkan kendaraan dari model legendaris Corolla, yakni All New Corolla Cross, pada Kamis.

Corolla Cross bukanlah model sedan seperti pendahulunya, melainkan sebuah urban sport utility vehicle (SUV) namun tetap mengusung karakter khas Corolla yakni menyenangkan dikendarai, nyaman, fungsional dan bergaya.

Toyota berani membawa model ini ke Indonesia guna menjawab kebutuhan SUV yang kian meningkat. Jika melihat pada 2019, penjualan SUV Toyota di Indonesia naik signifikan hingga 64 persen jika dibandingkan dengan tahun 2014 lalu.

Di periode yang sama, market SUV Indonesia juga meningkat 65 persen.

Toyota All New Corolla Cross dibanderol Rp457,8 juta untuk varian bensin. Sedangakn untuk varian hybrid, dibanderol lebih mahal Rp40 juta, yakni Rp497,8 juta, berstatus On The Road (OTR) Jakarta.
​​
Baca juga: Toyota rilis Sienta Welcab dengan kursi penumpang otomatis

Baca juga: Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited hadir bermesin diesel


​​​​​Toyota Sienta Welcab

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengenalkan varian baru mobil keluarga Sienta, yakni Sienta Welcab yang dibekali kursi welcab otomatis untuk bergerak keluar dan masuk menggunakan new physical remote dan remote app.

Sejak pertama kali hadir di Indonesia pada 2016, Toyota Sienta membuka pasar di segmen kendaraan keluarga dengan karakter Multi Activity Vehicle (MAV) yang menawarkan kepraktisan melalui fitur sliding door.

Kursi welcab yang digunakan Sienta merupakan produksi Toyota dan ditempatkan pada baris kedua sebelah kiri sebagai New Captain Seat Welcab, lengkap dengan sandaran tangan pada sisi kanan kursi, sandaran kepala, dan sandaran kaki.
 
Sienta Welcab (ANTARA/HO)

​​​​​​​Baca juga: Toyota juga tawarkan Corolla Cross bermesin HEV

Baca juga: Rayakan hari jadi ke-40, Toyota Camry hadir serba hitam

 

Toyota Innova TRD Sportivo
 
Toyota luncurkan Kijang Innova TRD Sportivo Limited (ANTARA/HO)


Bertepatan dengan HUT ke-75 Republik Indonesia, PT Toyota-Astra Motor mempersembahkan Kijang Innova TRD Sportivo Limited berbahan bakar diesel sebagai mobil multiguna (MPV) pertama dari Toyota yang dibekali fitur TRD Sportivo.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977, Toyota Kijang banyak bertransformasi hingga menjadi Kijang Innova. Kini, Toyota Kijang telah terjual lebih dari 1,9 juta unit.

Tampilan yang bold dan sporty tergambar dari TRD Sportivo Front Bumper Spoiler, TRD Sportivo Rear Bumper Spoiler, hingga TRD Sportivo Side Skirt dan Side Sticker.

Kehadiran Front Grille Ornament dan 17” Black Painted Alloy Wheel pun membuat kesan sporty mobil ini kian kuat.

Baca juga: Lexus LC 500 Convertible Regatta Edition hadir untuk pasar Eropa

Baca juga: Toyota RAV4 Hybrid hadir dengan "Black Edition" untuk pasar Eropa

DFSK i Auto

PT Sokonindo Automobile (DFSK) meluncurkan Glory i-Auto dengan harga jual Rp329,7 juta berstatus on the road DKI Jakarta.

Mobil di kelas sport utility vehicle (SUV) berfitur I-Talk itu menawarkan desain mewah, atraktif, performa mumpuni serta berbagai fitur terkini. Mereka juga menjamin bahwa mobil itu sudah tersedia sehingga konsumen tidak memerlukan daftar tunggu (inden).

I-Talk merupakan fitur voice command DFSK yang menggunakan bahasa Inggris. Pada masa mendatang, DFSK akan mengembangkan fitur itu dalam bahasa Indonesia.

I-Talk memiliki lebih dari 100 fungsi kontrol suara yang tersambung dengan phone connection, voice navigation, media command, car feature voice control, sampai connectivity.
DFSK Glory I Auto (ANTARA/Chairul Rohman)


Baca juga: DFSK sesuaikan i-Talk dengan logat bicara orang Indonesia

Baca juga: DFSK Glory i-Auto dijual Rp300 jutaan


​​​​​​​MG HS
 
Pelucnruan MG HS (Antara News/Istimewa)


Morris Garage (MG) Motor merilis MG HS sebagai mobil keduanya di Indonesia yang dibanderol Rp369,8 juta dan Rp429,8 juta on the road Jakarta.

Penantang Honda CR-V Turbo, Wuling Almaz dan DFSK Glory 580 itu hadir dengan mesin 1,5L Turbo yang dapat menghasilkan torsi maksimum 250 Nm. MG HS menyediakan lima moda mengemudi, yaitu Eco, Normal, Sport, Super Sport, dan Custom.

Rating bintang lima Euro NCAP (European New Car Assessment Program) dan ANCAP (Australasian New Car Assessment Program) memastikan pengendara MG HS dapat menikmati berkendara yang berkelas sekaligus aman.

Fitur keselamatan didukung enam titik airbags, yang terdiri dari dua front side airbags, dua side airbags, serta dua side curtain airbags, Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Differential System, Door Opening Warning (DOW).

Terdapat sistem sirkulasi udara PM 2.5 air filter yang dapat menyaring polusi udara seperti debu dan asap.

Baca juga: Spesifikasi lengkap MG HS

Baca juga: MG HS dirilis hari ini, harga mulai Rp369 juta

Wuling Cortez CT type S
 
Wuling Cortez CT Type S (ANTARA/HO)


Wuling Cortez CT Type S yang dijual dengan harga kompetitif, mulai Rp209 juta.

Cortez CT Type S merupakan varian terendah dari keluarga Wuling Cortez, yang sebelumnya dijual dengan rentang harga Rp238,5 juta hingga Rp290 juta.

Dengan rentang harga Rp200 jutaan, Wuling Cortez punya segmen pasar yang luas, mulai dari pembeli mobil pertama hingga keluarga muda yang sebelumnya menggunakan city car, kemudian beralih ke kendaraan keluarga yang memuat lebih banyak orang.

Baca juga: MPV baru Wuling Cortez Type S, "8-seater" harganya Rp209 juta

Baca juga: Fakta menarik Wuling Cortez CT Type S

Baca juga: Spesifikasi Wuling Cortez CT Type S, MPV turbo serharga Rp200 jutaan

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020