Jakarta (ANTARA) - Google bersama Agen Pemegang Merek (APM) dan Kompas Group Media (KG) menggelar Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) yang akan diselenggarakan pada 25-29 Agustus.

"Acara ini merupakan festival otomotif daring pertama di Asia Tenggara, hasil kolaborasi antara industri otomotif, industri digital dan industri media," ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam konferensi pers virtual peresmian IOOF, Jumat.

IOOF 2020 yang merupakan festival daring, Agus melanjutkan, merupakan sebuah contoh bagaimana menumbuhkan bisnis dengan tetap menjaga kesehatan dan keamanan dalam masa transisi untuk keluar dari pandemi ini.

"Melalui festival ini kita semua harus lebih terpacu untuk mewujudkan langkah nyata dalam mengembalikan gairah industri otomotif dan mendorong transaksi bisnis untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional," Agus menambahkan.

Acara tersebut digelar berangkat dari, Google Trends menunjukkan bahwa minat membeli mobil tetap tinggi. Hasil survei Google juga menunjukkan bahwa konsumen kini mau membeli mobil via online, dan mayoritas konsumen mau membeli di situs web resmi produsen mobil.

Dengan berbagai sinyal yang ada dan produk digital yang ada di Google, seperti Google Search, Youtube, dan berbagai format iklan lainnya, Industry Head Google Indonesia, Elvira Jakub, inisiatif IOOF akhirnya digelar.

"Kami ingin menggerakkan lagi untuk permintaan atau gairah untuk pembelian mobil baru di Indonesia," ujar Elvira.

"Kami harapkan dapat menjawab apa yang dibutuhkan pasar dan juga menjadi jembatan supply dan demand untuk industri otomotif," dia melanjutkan.

Harapan yang sama juga senada dengan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, yang melihat bahwa IOOF bisa menjadi solusi untuk mendorong transaksi bisnis.

"Masih butuh waktu untuk semakin menggairahkan pasar, sedangkan di bulan Juni Juli kita melihat sepertinya sudah ada recovery, jadi saya rasa IOOF ini merupakan solusi yang sangat tepat untuk membangun lagi industri di Indonesia," kata Anton.

Festival yang digelar selama lima hari di gridoto.com/ioof dan channel YouTube GridOto itu akan membahas tentang berbagai mobil, baik yang baru atau pun yang sudah launching sebelumnya.

IOOF juga menghadirkan berbagai promo menarik dari lima partner yang berpartisipasi, yaitu Toyota, Nissan, Honda, Daihatsu dan Mitsubishi.

Google juga menggandeng youtuber dan reviewer otomotif, termasuk Om Mobi, untuk berpartisipasi dalam festival tersebut.

"Kita sudah melihat shifting yang besar dari offline ke online, dan shifting ini makin besar lagi sejak adanya pandemi, hal-hal seperti acara ini yang sebenarnya diperbanyak," ujar Om Mobi.


Baca juga: Pertunjukan piramida manusia di India urung digelar karena pandemi

Baca juga: Festival sneakers "Kick Avenue Fair 2020" akan digelar secara daring

Baca juga: Rayakan Kemerdekaan RI, Lazada hadirkan festival belanja online

Pewarta: A086
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020