Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford, mengklaim bahwa mobil listrik terbarunya, Mustang Mach-E 1400 memiliki tujuh motor listrik yang dapat menghasilkan total hingga 1.400 horse power (hp).

Mach-E 1400 adalah mobil demonstrasi satu-satunya yang dibuat untuk menunjukkan potensi semua kendaraan listrik dan untuk membantu para insinyur meneliti cara-cara untuk meningkatkan kekuatan mereka, kata Mark Rushbrook, kepala Ford Performance Motorsports.

Baca juga: Ford bersama Intel Mobileye kembangkan teknologi terbaru

Mobil ini didasarkan pada Mustang Mach-E SUV, yang akan mulai dijual Ford pada tahun depan. SUV resmi Mach-E GT akan menghasilkan 459 hp dari dua motor listrik.

Ford Performance menciptakan Mach-E 1400 bekerja sama dengan RTR Vehicle, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Vaughn Gittin, Jr. RTR berspesialisasi dalam suku cadang dan penyesuaian untuk mobil dan truk Ford.

"Kami datang bersama dalam proyek ini, menyumbangkan banyak ide dari berbagai sumber dan mengembangkannya menjadi seperti apa adanya," kata Rushbrook.

"Membangun ide asli Vaughn tentang apa yang ingin dia lakukan untuk sebuah mobil drift elektrik dan mengubahnya menjadi atlet serba bisa yang ekstrim ini untuk melakukan kursus jalan dan balap drag, dan yang lainnya bersama-sama," tambahnya.

Ford juga bekerja dengan mitra luar lainnya, serta kelompok pengembangan kendaraan listrik in-house Ford, Team Edison, untuk merekayasa Mach-E 1400, kata Rushbrook.

Mach-E 1400 memiliki tiga motor listrik yang memberi daya pada roda depan dan empat lainnya untuk menyalakan roda belakang.

Selain rem regeneratif biasa yang dimiliki sebagian besar mobil listrik - rem dari mobil ini adalah rem yang dapat menghasilkan tenaga untuk mengisi ulang baterai sambil memperlambat mobil.

Mach-E 1400 juga memiliki rem tangan hidrolik yang dapat menghentikan hanya roda belakang untuk berputar dan trik.

Mach-E 1400 ini memiliki sasis yang dirancang khusus, dan hampir semua komponen mekanik unik untuk mobil ini. Sebagian besar bodinya terbuat dari serat karbon dan kapnya terbuat dari serat komposit organik, alternatif yang lebih murah dari serat karbon.

SUV ini memiliki paket baterai 57 kilowatt-jam, yang lebih kecil dari paket standar 76 kWh dalam model produksi Mustang Mach-E. Baterai dirancang khusus untuk menghasilkan daya yang cepat, USA Today dikutip Minggu.



Baca juga: Mobil otonom Ford mengaspal tahun depan

Baca juga: Sudah bisa dipesan, Ford umumkan spesifikasi Mustang Mach-E

Baca juga: Teruskan warisan legenda, Ford hadirkan Mustang Mach-E kelir oranye

Pewarta: A087
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020