Jakarta (ANTARA) - Hyundai Wia Corp, sebuah unit yang memproduksi mesin kendaraan dari Hyundai Motor Group, telah memulai pembangunan pabrik mesin kendaraan di Rusia untuk memasok komponen inti ke pabrik Hyundai Motor Co. di sana.

"Hyundai Wia berencana untuk membangun pabrik yang dapat memproduksi 240.000 unit per tahun di kota Saint Petersburg, tujuan awal Hyundai Wia akan memulai produksi mesin bensin 1,6 liter pada Oktober tahun depan," perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Kantor berita Yonhap, Rabu.

Pabrik yang berlokasi di Rusia, yang bernilai sekitar 210 miliar won itu akan menjadi fasilitas produksi kelima Hyundai Wia yang menjadikan total kapasitas produksi tahunan bertambah menjadi 2 juta mesin di lima pabriknya di seluruh dunia.

Perusahaan itu berharap dapat mengurangi biaya logistik dan produksi dengan menghidupkan mesin dari pabrik lokal yang baru. Pembangunan itu bertujuan untuk maju ke pasar mesin Eropa melalui anak perusahaan yang berada di Rusia.

Hyundai Wia saat ini sudah mengoperasikan empat pabrik - dua di Korea Selatan, satu di China dan satu di Meksiko yang memproduksi mesin untuk kendaraan yang dibuat oleh Hyundai Motor Co dan Kia Motors Corp.

Hyundai Motor memiliki 25,35 persen saham di Hyundai Wia, dengan Kia Motors dan Wakil Ketua Eksekutif Hyundai Motor Group, Chung Euisun masing-masing memegang saham sekitar 13,44 persen dan 1,95 persen.


Baca juga: Hyundai akan luncurkan versi baru Genesis G90

Baca juga: Genesis G90 "facelift" hadir bulan depan

Baca juga: Hyundai luncurkan bus listrik "Country Electric"

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020