Jakarta (ANTARA) - PT Toyota-Astra Motor (TAM), PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) serta jaringan diler, rantai pasokan dan afiliasinya menyerahkan bantuan penanganan COVID-19 kepada Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Toyota Indonesia menyampaikan simpati kepada semua pihak yang terkena dampak virus COVID-19 serta apresiasi yang tinggi dan tulus kepada para petugas kesehatan dan pemerintah yang berada di garis terdepan dalam penanggulangan COVID-19 ini," kata Presiden Direktur PT TAM Susumu Matsuda dalam siaran pers, Kamis (14/5) malam.

Ia mengatakan bahwa COVID-19 hanya bisa diatasi dengan semangat kebersamaan dalam menjalankan protokol yang ketat dan didukung sarana dan prasarana yang memadai.

"Toyota Indonesia akan selalu berdampingan dengan semua pihak untuk menghadapi wabah ini. Kami menyadari, kebutuhan untuk memerangi pandemi sangat besar dan Toyota Indonesia terus berupaya untuk memberikan berbagai kontribusi melalui program #ToyotaAdaUntukAnda," katanya.

Baca juga: Saingi Ford Explorer, Toyota Highlander hybrid hadir di Eropa 2021

Baca juga: Toyota pangkas 29 persen produksi di pabrik Amerika Utara


Toyota Indonesia menyerahkan lima unit Kijang Innova Ambulance, hasil konversi dari salah satu supply chain Toyota, kepada PMI dan Kemenkes untuk disalurkan ke Rumah Sakit.
Ambulance Kijang Innova yang didonasikan kepada PMI Pusat di Jakarta, Kamis (14/5). (ANTARA/HO)


Berkolaborasi dengan Serasi Autoraya (SERA), mereka menyediakan 68 unit mobil untuk menunjang mobilitas tenaga medis COVID-19 di 15 kota besar di Indonesia.

Toyota Indonesia bersama dengan supply chain yang tergabung dalam Toyota Manufacturers Club, Toyota Equipment & Facility Club, dan Toyota Logistic Community menyerahkan 105.000 Alat Pelindung Diri (APD) kepada PMI dan Kemenkes.

Paket itu terdiri dari gloves, protection clothes, disposable medical mask, non-medical mask, medical goggle, medical cap, shoe cover, N-95 mask dan face shield serta vitamin.

"Selain bantuan langsung kepada masyarakat dan tenaga medis, kami juga berbagi pengetahuan dan pengalaman kami di bidang manufaktur, supply chain, manajemen stock (persediaan) hingga penanganan logistik kepada berbagai pihak yang membutuhkan," ucap President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono.

Sebelumnya Toyota Indonesia telah melakukan beberapa kontribusi untuk mendukung penanggulangan wabah COVID-19, antara lain:

1. Bantuan langsung berupa pemberian paket bahan pokok dan kebutuhan untuk menjaga kebersihan diri untuk mencegah penularan COVID-19 seperti hand sanitizer, masker kain, sabun cuci tangan, alat pencuci tangan portabel serta kebutuhan lainnya kepada masyarakat di sekitar area kerja TAM, TMMIN, dan diler Toyota di seluruh Indonesia.

2. 1.000 APD melalui program SATRIA ke beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas di Indonesia

3. Bersama dengan Astra International menyiapkan 5 unit Dyna yang digunakan untuk disinfektan kepada PMI

4. Memberikan dukungan penuh pada Industri Kecil Menengah (IKM) dan supply chain melalui memfasilitasi para pihak dengan supply chain yang memiliki kapabilitas rancang bangun sekaligus mentransfer pengetahuan dan pengalaman dalam kegiatan manufaktur yang efisien dengan harapan dapat membantu mempercepat pengembangan alat kesehatan dan APD di dalam negeri.

5. Memperkenalkan Toyota Production System untuk membantu memperbaiki sistem logistik bersama Palang Merah Indonesia agar menjadi lebih efisien.

Bantuan untuk penanganan wabah COVID-19 ini telah menjadi program global Toyota.

Baca juga: Toyota Indonesia serahkan bantuan untuk tenaga medis lewat PMI

Baca juga: Toyota rayakan ulang tahun ke-20 Prius dengan edisi khusus serba merah

Baca juga: Pendapatan operasi Toyota turun karena corona

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020