Jakarta (ANTARA) - Penyebaran pandemik virus corona baru (COVID-19) di Indonesia menuntut perusahaan otomotif "memutar otak" demi menggelar perkenalan produk, salah satunya melalui peluncuran virtual.

PT Toyota Astra Motor (TAM) yang meluncurkan Agya facelift beberapa waktu lalu, menilai strategi itu memberikan hasil positif, namun membuat mereka harus serba cepat mengirimkan unit kendaraannya ke diler.

"Jadi web sudah harus siap dan layanan digital seperti M-Toyota itu harus ready saat bersamaan. Lebih penting lagi, itu berjalan dengan digital. Jadi mobil juga harus ready di setiap diler kami," ungkap Interactive Communication Department Head PT TAM, Dimas Aska melalui konferensi video jarak jauh.

PT TAM, meluncurkan Agya facelift menggunakan platform YouTube. Meski mengklaim mendapat hasil efektif, namun tidak dipungkiri bahwa peluncuran online juga punya kekurangan.

Baca juga: Penyegaran New Agya 2020, "facelift" hingga "engine button"

Baca juga: New Agya 2020 meluncur, harga mulai Rp143 jutaan


"Launching dengan cara ini sebenarnya cukup efektif, biasanya kita kalau launching yang datang terbatas hanya 250 orang. Tapi saat live streaming, bisa mencapai 1.000 viewers pada saat itu," kata dia.

Bahkan video yang sudah diunggah pada dua minggu yang lalu, hingga kini telah mendapat respon sebanyak 12 ribu viewers.

"Meski viewers banyak, tidak mempungkiri bahwa masih terdapat banyak kekurangan ketika calon konsumen tidak melihat dan menyentuh langsung kendaraan kami yang diluncurkan," tambah dia.

Poin lebih dari peluncuran online adalah kecepatan informasi yang dapat diakses melalui layanan digital, dan calon konsumen dapat melihat langsung produknya secara cepat.

New Agya tampil dengan gaya lebih sporty, dilengkapi fitur dan penyegaran baru di sisi eksterior maupun interiornya.

New Agya hadir dengan berbagai pilihan warna, dimana warna silver metallic dan yellow mengalami penyegaran, serta munculnya warna baru orange metallic.

Toyota New Agya 2020 dibanderol mulai dari Rp143-169 juta, tepatnya mulai dari Rp143,8 juta sampai yang tertinggi yakni Rp169,29 juta, berstatus on the road Jakarta.

Baca juga: Spesifikasi dan varian New Ayla dan Sirion 2020

Baca juga: Astra Daihatsu Motor luncurkan dua "city car" unggulan

Baca juga: Kia Picanto wajah baru bakal masuk Indonesia?

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020