Jakarta (ANTARA) - Raksasa otomotif Korea Selatan, Hyundai Grup, akan memulai produksi kendaraan pickup berdesain futuristik Hyundai Santa Cruz di pabrik Montgomery, Alabama, Amerika Serikat, pada 2021.

Reuters melaporkan, pada Kamis (14/11), Hyundai berinvestasi 410 juta dolar AS (Rp5,7 triliun) untuk menjalankan ekspansi di pabrik Montgomery demi memproduksi pickup, jenis kendaraan yang populer di Amerika.

Hyundai Motor Manufacturing Alabama mengklaim perluasan pabrik guna yang memproduksi Hyundai Santa Cruz itu akan membuka 1.000 lapangan kerja baru, baik untuk manufaktur maupun pemasok suku cadang.

Baca juga: Akhir November, Jokowi akan pastikan investasi mobil listrik Hyundai

Pabrik yang mulai berproduksi pada 2005 itu merupakan manufaktur otomotif Korea Selatan pertama di Amerika Serikat, yang telah memperkerjakan 2.900 karyawan tetap dan 500 karyawan kontrak.

Selain Santa Cruz, pabrik itu telah memproduksi tiga model lain yakni Hyundai Sonata, Hyundai Elantra dan Hyundai Santa Fe.

Berdasarkan foto yang diambil Reuters, Hyundai Santa Cruz menampilkan desain futuristik dengan lampu utama yang tipis dan runcing ke samping, grille berbentuk prisma berukuran besar, desain pilar A yang lebih landai, serta garis desain dan lekuk bodi ke dalam yang menunjukkan kesan berotot.

Baca juga: Hyundai dan KIA luncurkan kendaraan masa depan di CIIE 2019

Pewarta: A069
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019