Jakarta (ANTARA) - Setelah dikenalkan pada akhir Oktober, Toyota Raize resmi dijual di diler-diler domestik mereka di Jepang mulai Selasa ini, dengan harga mulai Rp215,5 juta hingga Rp292,6 juta.

Dilansir laman resmi Toyota, Selasa, Raize adalah mobil kompak pertama yang diproduksi Daihatsu Motor Co. Mereka juga menjual mobil itu dengan nama Daihatsu Rocky.

Toyota Raize adalah mobil berjenis kelamin Sport Utility Vehicle (SUV) kompak dengan panjang kurang dari empat meter, sehingga lebih ringkas dan mudah dikendarai. Mobil ini menyasar pengguna aktif untuk harian maupun yang gemar berpergian di akhir pekan.

Mobil itu mengusung dimensi 3.995 milimeter dan lebar 1.695 milimeter, namun terlihat gagah dengan velg ukuran 17-inci dengan bodi yang berotot dan fender yang menonjol. Mobil itu menggunakan penggerak 2WD dan 4WD.

Kendati ringkas, mobil itu tetap fungsional dengan kapasitas bagasi 369 liter. Kursi belakang yang bisa dilipat akan menambah ruang bagasi tambahan dan penempatan beberapa titik penyimpanan di sejumlah bagian.
Toyota Raize (ANTARA/HO/Toyota Global)


Dapur Pacu

Raize memakai mesin turbo 1.0 liter D-CVT -- pertama kali digunakan Toyota -- dengan torsi setara mesin 1,5 liter di berbagai kecepatan, dari rendah hingga tinggi, serta akselerasi yang kuat.

Mesin itu juga menghadirkan efisiensi bahan bakar. Model Raize berpenggerak 2WD mendapat 18,6 kilometer per liter dalam siklus tes WLTC. Sedangkan penggerak 4WD mencapai 17,4 kilometer per liter.

Pada D-CVT, ada tambahan roda gigi split ke drive belt CVT untuk meningkatkan efisiensi transmisi. Kisaran rasio gigi juga diperluas untuk memberikan akselerasi yang kuat dan mulus pada kecepatan rendah dan kinerja bahan bakar yang efisien pada kecepatan tinggi.

Model 4WD dilengkapi Dynamic Torque Control 4WD. Saat berakselerasi dari awal atau saat berkendara di permukaan jalan yang licin, fitur itu mampu mendistribusikan torsi secara optimal ke roda belakang sesuai dengan kondisi kendaraan.

Raize dilengkapi fitur keselamatan Smart Assist, termasuk Crash Avoidance Braking Function, yang mampu mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki. Ada juga fitur keamanan Erroneous Start Prevention Function dengan kontrol pengereman maju dan mundur.
Toyota Raize (ANTARA/HO/Toyota Global)


Fitur Keamanan Standar
Collision warning function (mobil, pejalan kaki) / Collision avoidance support brake function
– Sign recognition function
– Leading vehicle start notification function
– Lane departure warning function/Lane departure suppression control function
– Blind spot monitor
– Auto high beam
– Brake control with erroneous start suppression control function
(depan dan belakang)
– Corner sensor (dua depan dan dua belakang)

Fitur tambahan/untuk tipe teratas
– Adaptive Cruise Control dengan full vehicle speed tracking
– Lane Keep Control (LKC)-Smart
– Panorama Parking Assist
– Panoramic sunroof
– Side View Lamp
– Adaptive Driving Beam (ADB)
– Rear Cross Traffic Alert (RCTA)


Harga rekomendasi dari Toyota



Baca juga: Ambisi Toyota mengejar "ketertinggalan" pengembangan mobil listrik

Baca juga: Toyota Indonesia siap produksi mobil listrik di Karawang

Baca juga: Toyota Raize 2020 akan debut pekan depan di Jepang

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019