Yokohama, Jepang (ANTARA News) - Roland Kruger resmi menjabat sebagai presiden Infiniti dan wakil presiden senior Nissan Motor Co Ltd, perusahaan induk dari brand premium Infiniti.

Kruger sebelumnya dikenal sebagai wakil presiden senior di BMW Group yang bertanggung jawab atas operasional di pasar Jerman dan memiliki rekam jejak di bisnis otomotif premium.

Dalam keterangan tertulis Infiniti disebutkan, Kruger akan ditempatkan di kantor pusat di Hong Kong dan akan melapor langsung kepada President and CEO of Nissan Motor Co., Ltd Carlos Ghosn.

Roland Kruger memiliki rekor yang konsisten dalam memiliki prestasi kerja yang luar biasa di bisnis otomotif premium, kata Ghosn. Ghosn menilai Kruger memiliki kemampuan memimpin yang unik yang dapat memacu pertumbuhan Infiniti di pasar global kendaraan premium.

Kruger pertama kali bergabung dengan BMW pada tahun 1998 sebagai Strategic Product Planing Manager. Dia memiliki karir yang gemilang selama bekerja di BMW Group, termasuk di antaranya mengepalai Product and Price Planning area for the Asia-Pacific, Africa and East Europe region.

Lalu yang bersangkutan pernah mengepalai Regional Marketing for Asia-Pacific, Africa and East Europe, dan menjadi Managing Director of the BMW Group in Asia. Pada tahun 2008 dia diangkat menjadi President dan CEO BMW Group di Jepang, dan pada tahun 2013 dia menjabat posisi terakhirnya di BMW Group.

Sebelum bergabung dengan BMW, Kruger telah berkecimpung di dunia industri otomotif sejak tahun 1992 sebagai Interiors and Exteriors Designer untuk Mitsubishi Motors Europe di Jerman.

Selanjutnya dia bergabung dengan Daimler Group pada tahun 1994 sebagai Senior Designer, SMART Interiors, dan pada akhirnya diangkat menjadi Senior Designer di bagian Strategic Planning Group.

Kruger berkebangsaan Jerman dan lahir pada 30 September 1965 serta meraih gelar sarjananya di Jurusan Industrial Design University of Applied Science di Munich, Jerman di tahun 1992.

Pada tahun 1998 dia berhasil menyelesaikan pendidikan magisternya dan mendapat gelar MBA dari INSEAD di Fontainebleau, Perancis.
Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014