Greater Noida (ANTARA News) - Kejuaraan balap truk pertama di Asia, T1 Prima Racing, digelar di Buddh International F1 Circuit di Greater Noida, India, Minggu.

Enam tim berpartisipasi dalam ajang adu kebut tersebut, dengan 12 truk buatan Tata Motors, Tata Prima, yang dikemudikan oleh para pebalap profesional asal Inggris.

Menurut laman T1 Prima Racing, tim yang ikut balapan itu antara lain Castrol Vecton (Stuart Oliver dan Dave Ball), Cummins (Mat Summerfield dan Simon Reid), dan Tata Technologies Motor Sport (Brian Burt dan David Jenkins).

Selain itu ada tim Dealer Daredevils (Steve Thomas, Graham Powell), Dealer Warriors (Ben Horne dan Steven Powell) dan Allied Partners (Steve Rothery dan Paul McCumisky).

Demi memenuhi standar keamanan dan performa maksimal untuk balapan, 12 truk Tata Prima dimodifikasi dan telah diuji coba di Jamshedpur.

Truk-truk tersebut mampu melaju dengan kecepatan hingga 110 kilometer/jam dengan mesin berkekuatan 370 tenaga kuda (bhp).

Ribuan warga India memenuhi hampir setiap kursi di tribun utama sirkuit untuk menyaksikan balapan truk itu.

Beberapa penonton mengaku sangat bersemangat menyaksikan balapan yang diklaim sebagai yang pertama di Asia itu, termasuk di antaranya Ashis Kumar.

"Ini untuk pertama kalinya kami melihat acara ini. Pasti menarik," kata Ashis, yang datang bersama temannya dari New Delhi.

Sementara Vikas Jain datang dari New Delhi bersama istri dan dua anaknya untuk melihat truk Tata Prima adu kecepatan di lintasan sepanjang 5,125 kilometer.

"Kami mendengar soal balapan ini dari media beberapa minggu lalu. Ini balapan yang berbeda dari biasanya dan kami ingin melihat seperti apa," kata Vikas sesudah memotret kedua anaknya berpose di depan truk Tata Prima.

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014