Jakarta (ANTARA) - Kalangan pedagang di sentra penjualan mobil bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, mencatat penurunan harga sejumlah mobil bekas berjenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), menyusul hadirnya model-model baru pada awal 2019.

Pada awal 2019, pasar LMPV Indonesia semakin ramai dengan hadirnya All New Avanza, All New Xenia, All New Livina, serta model penyegaran dari Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

"Kondisi ini menjadi tren tahunan, biasanya sejumlah produsen mobil sedang mempersiapkan peluncuran produk terbarunya menjelang Ramadan hingga Idul Fitri," kata Marketing Anov Auto Car, Redy M Rifai (26) di Jakarta, Kamis.

Jenis low MPV dilanda penurunan harga pasar yakni Nissan Grand Livina 2013 yang kini dibanderol Rp90 jutaan per unit atau turun sekitar 8-10 persen dari harga semula sekira Rp100 jutaan.

Selain dipicu model anyar yang resmi mengaspal sejak Februari 2019, harga suku cadang Nissan juga relatif mahal, kata dia.

Penurunan harga berkisar 20 persen dalam dua tahun terakhir juga dialami Suzuki Ertiga GL manual yang kini berkisar Rp130 juta.

"Ertiga sudah turun harganya," katanya.

Adapun harga Avanza 2015 di harga Rp100 jutaan, dari sebelumnya berkisar antara Rp110 juta hingga Rp120 juta.

Pedagang lainnya di lantai tiga WTC Mangga Dua, Dian (34), mengatakan turunnya harga mobil bekas low MPV, juga dipicu pergeseran minat konsumen pada kendaraan bekas berjenis Sport Untility Vehicle (SUV).

"Konsumen saya banyak yang beralih ke SUV karena tampilan kabin yang lebih luas dan 'family minded' dengan varian yang lebih beragam," ujar pemilik Showroom Harmony itu.

(Penulis: Peserta Susdape XIX/Andi Firdaus)



Baca juga: Waspadai rekayasa odometer mobil bekas

Baca juga: Mobil bekas tipe MPV paling diminati pada 2018

Baca juga: Jangan mudah tergiur kendaraan bekas murah
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019