Jakarta (ANTARA) - Tim kuasa hukum Carlos Ghosn di Jepang optimistis pengadilan di Tokyo akan mengabulkan permohonan bebas melalui banding dengan jaminan untuk kliennya yang tersandung kasus manipulasi laporan keuangan di Nissan, dilansir Japan Today, Senin.

Pihak pengacara Ghosn pun mengizinkan pihak penegak hukum untuk memantau kegiatan Ghosn secara ketat dengan kamera, apabila permohonan bebas itu dikabulkan.

Spekulasi mengenai bebas atau tidaknya mantan petinggi aliansi global Nissan-Renault-Mitsubishi itu semakin mencuat karena dalam beberapa hari ke depan pengadilan Tokyo akan mengeluarkan keputusan apakah akan mengeluarkan Ghosn dari Rumah Tahanan Tokyo.

"Saya percaya bahwa waktu potensial untuk pembebasannya mungkin dalam waktu dekat," kata Junichiro Hironaka, pengacara Carlos Ghosn, saat konferensi pers di Tokyo hari ini.

Baca juga: Setelah kasus Ghosn, ketua dewan Nissan di luar jajaran direksi

Junichiro Hironaka memastikan pihak kuasa hukum akan mengajukan banding lagi apabila permohonan itu ditolak.

Hironaka menggelar jumpa pers beberapa hari setelah tim kuasa hukum mengajukan permintaan jaminan ketiga kalinya untuk Ghosn. Permintaan yang diajukan Kamis pekan lalu merupakan yang pertama sejak Hironaka bergabung dengan tim pengacara Ghosn.

Sebelumnya, pengadilan sudah menolak dua pengajuan banding yang diajukan Ghosn dan tim kuasa hukum terdahulu. Hironaka menjelaskan, tim kuasa hukum tengah memeriksa bukti yang dibagikan oleh jaksa pada pekan lalu.

Pihak pengadilan juga membatasi komunikasi Ghosn dengan pihak luar, sehingga pihak pengacara mengizinkan kliennya dipantau secara ketat jika permohonan bebasnya dikabulkan.

"Jika dia dibebaskan dengan jaminan, kami telah menyarankan langkah-langkah lebih lanjut yang akan memastikan kegiatannya dapat dipantau secara ketat saat dia bebas," katanya.

Junichiro Hironaka memastikan Ghosn akan menerima jika kesehariannya akan diawasi dengan kamera, sebagai cara agar penegak hukum dapat memantau aktivitasnya sudah dibebaskan..

"Kami telah mengajukan permintaan yang kami yakin itu meyakinkan," kata Hironaka.

Baca juga: Tiga bulan ditahan, Ghosn ajukan banding ketiga

Baca juga: Nissan disebut menolak ketua Renault sebagai pimpinan dewan

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019