Jakarta (ANTARA News) - Berdasarkan data penjualan mobil nasional 2018 yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi menempati urutan keempat dalam penjualan dengan 142.861 unit, setelah Toyota, Daihatsu, dan Honda.

"Biasanya saya mengevaluasinya itu fiscal year, jadi kalau dalam hitungan sisi target itu belum selesai, ini kita masih masuk kuartal keempat kan selesainya itu di Maret yah," kata Direktur of Sales and Marketing Division, Irwan Kuncoro, di Wisma KEIAI, Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu.

Ia juga menjelaskan, kalau dilihat dari angka-angka dan juga kalau dihitung dalam satu tahun kalender penjualan dan pangsa pasar Mitsubishi itu mengalami kenaikan yang cukup bagus.

"Kalau di passanger car itu dulu di bawah 5 persen sekarang itu sudah di atas 12 persen, yaitu karena adanya Xpander," jelasnya.

Head of Sales and Marketing Region 1 Departemnet, Budi Darmawan Daulay menambahkan bahwa dengan dibukanya showroom di wilayah yang cukup strategis dan dikilingi perkantoran-perkantoran diharapkan akan menaikan penjualan dengan traget yang sudah ditentukan dari pihak MMKSI.

"Kita menargetkan untuk awal ini sekitar 50-70 kendaraan dalam satu bulan," tambahnya mengenai target penjualan di diler barunya itu.

Ia juga memaparkan tujuan MMKSI membuka showroom di Sudirman, selain untuk menaikkan citra merek, pihaknya juga menarget konsumen pekerja perkantoran di kawasan itu.

"Karena sekitar 60 persen pengguna Xpander ini adalah pekerja kantoran, dengan dibuka showroom kita di wilayah ini akan lebih memudahkan mereka untuk mengetahui informasi tentang kita dan tidak menutup kemungkinan juga adanya permintaan yang besar untuk corporate," ujarnya.

Kuncoro juga memaparkan bahwa dari sisi penjualan Mitsubishi mempunyai nilai yang cukup baik sampai di akhir 2018 khususnya pada segmen kendaraan penumpang yang meningkat tiga kali dari angka tahun sebelumnya.

"Hal ini berkat kontribusi besar dari Xpander, sementara dari model lain performance-nya juga sangat baik misalnya Triton L300 itu memang sudah menjadi market leader di kelasnya," tutup Kuncoro.

Baca juga: 10 mobil terlaris jelang akhir tahun 2018
Baca juga: Penjualan mobil di Indonesia naik tujuh persen
Baca juga: Gaikindo: garansi mobil hanya untuk pengguna BBM sesuai anjuran

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019