Jakarta (ANTARA News) - Mazda Toyota Manufacturing USA Inc (MTMUS) hari ini mengumumkan kesepakatan dengan Center for Biological Diversity and Tennessee Riverkeeper (Kelompok Konservasi) guna melindungi pygmy sunfish (ikan mola-mola) dan habitat uniknya yang berdekatan dengan pabrik MTMUS di Huntsville.

Selain melindungi mola-mola dan habitatnya, perjanjian ini juga akan menyediakan dana untuk tindakan yang akan digunakan demi kepentingan habitat itu dalam jangka panjang.

Pengacara dari Center for Biological Diversity, Elise Bennett, mengatakan, "Kami senang Toyota dan Mazda telah melangkah untuk melakukan hal yang benar untuk mola-mola kecil yang cantik dan unik ini, tempat ia bertahan."

"Dengan perjanjian ini, ikan mola-mola punya lebih dari sekadar peluang untuk berhasil," kata Elise Bennett, dalam keterangan resmi Mazda, Jumat.

Baca juga: Deretan motor custom publik figur sepanjang 2018

Dalam kesempatan yang sama, pendiri Tennessee Riverkeeper, David Whiteside, menambahkan bahwa perjanjian ini akan membantu memastikan bahwa warga dapat menikmati air bersih, kehidupan alam liar dan pekerjaan baru.

"Sungai yang bersih dan sehat adalah hak setiap orang, dan Tennessee Riverkeeper didedikasikan untuk melindungi hak itu. Perjanjian ini akan menguntungkan Huntsville dan generasi masa depan Amerika," tambahnya.

MTMUS akan mendonasikan 6 juta dolar AS untuk melindungi ikan dan habitatnya. Dari jumlah itu, 2 juta dolar akan digunakan untuk restorasi habitat dan proyek pemantauan di Beaverdam Spring dan Creek.

MTMUS merintis pabrik senilai 1,6 miliar dolar AS pada November 2018, berkapasitas 300.000 kendaraan per tahun mulai 2021 dan diperkirakan akan menciptakan 4.000 pekerjaan.

Baca juga: Mazda CX-5 sabet penghargaan Top Safety Pick + dari IIHS

Baca juga: Toyota Untold kisah orang-orang yang berkontribusi untuk masa depan Toyota


Baca juga: Nissan siapkan GT-R edisi khusus Naomi Osaka, cuma 50 unit

Penerjemah: Chairul Rohman
Copyright © ANTARA 2018