Paris (ANTARA News) - Toyota dan grup otomotif Prancis PSA memutuskan untuk mengakhiri kerjasama dalam memproduksi mobil kecil pada tahun 2021.

Namun kerjasama Toyota dan PSA tidak akan berhenti, melainkan diperluas ke segmen kendaraan komersial ringan yang akan dijual di Prancis dan Spanyol, menurut warta surat kabar Prancis Les Echos dilansir Reuters, Jumat.

PSA akan merakit kendaraan komersial untuk Toyota di pabrik Sevelnord di Prancis sebelah utara. Sedangkan pabrik di Spanyol akan membuat kendaraan terbaru untuk Toyota.

Baca juga: Merek premium Peugeot luncurkan SUV mini genjot penjualan

"Mengacu pada Kolin (kantor pusat), perjanjian awal dari usaha patungan yang ditandatangani pada Januari 2002 mencakup kedekatan yang memungkinkan setiap mitra untuk meninjau posisinya pada saat tertentu," kata juru bicara PSA melalui surat elektronik kepada Reuters.

"Kami sedang dalam proses evaluasi. Belum ada yang diputuskan," sambung pernyataan itu.

Toyota dan PSA memproduksi beberapa model mobil kecil antara lain PSA Citroen C1, Toyota Aygo dan Peugeot 108. Kendati punya ukuran yang sama-sama kecil layaknya city car, namun model ketiga mobil itu terlihat berbeda.

Baca juga: Opel hentikan penjualan model hatchback, fokus ke SUV

Baca juga: Toyota konfirmasi peluncuran New Supra di Detroit
 

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018