Jakarta (ANTARA News) - Menanggapi kasus yang menjerat CEO aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Carlos Ghosn yang ditahan otoritas Jepang karena dugaan manipulasi laporan keuangan, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengatakan akan merekomendasikan untuk memecat Ghosn dari posisinya sebagai chairman MMC.

"Menanggapi penangkapan Ghosn, dan karena dugaan pelanggaran terkait dengan tata kelola perusahaan dan masalah kepatuhan, MMC akan mengusulkan kepada dewan direksi untuk segera 'menghapus' Ghosn dari posisinya sebagai Ketua Dewan dan Direktur Perwakilan MMC," kata MMC dalam pernyataan resminya yang diterima Antara, Selasa.

Baca juga: CEO Nissan ditangkap otoritas Jepang karena dugaan pelanggaran keuangan

Mitsubishi akan segera melakukan penyelidikan internal tentang apakah Ghosn telah terlibat dalam pelanggaran seperti yang disebutkan, yakni menyampaikan laporan sekuritas tahunan yang berisi pernyataan palsu.

Mitsubishi juga menyampaikan permintaan maaf atas kekhawatiran yang disebabkan oleh peristiwa tersebut.

Carlos Ghosn telah ditangkap oleh Kantor Jaksa Penuntut Umum Distrik Tokyo atas tuduhan mengajukan laporan sekuritas tahunan yagn berisi pernyataan palsu, yang melanggar instrumen keuangan dan undang-undang pasar modal.

Baca juga: Kasus Ghosn tak pengaruhi aliansi Nissan-Mitsubishi

Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018