Jakarta (ANTARA News) - Wuling Motors merambah segmen Light Commercial Vehicle (LCV) dengan meluncurkan Wuling Formo. Mobil komersial pertama dari perusahaan otomotif asal China tersebut ditawarkan dengan harga mulai dari Rp.135.800.000.

Vice President Vehicle Sales, Service and Marketing Wuling Motors, Cindi Mai mengatakan Wuling Formo hadir untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha di Indonesia yang menginginkan mobil komersial dengan fitur dan kenyamanan terbaik di kelasnya.

"Formo dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah," ujar Cindy dalam acara peluncuran Wuling Formo di Jakarta, Rabu.

Wuling Formo hadir dalam dua varian, yaitu minibus dan blindvan. Perbedaan di antara keduanya terletak pada fungsi, di mana varian minibus diperuntukkan sebagai kendaraan komersial pengangkut penumpang, dengan pilihan tujuh dan delapan tempat duduk.

Khusus untuk pilihan delapan tempat duduk, terdapat penambahan kursi berukuran lebih kecil pada sisi sebelah kiri kabin kedua yang dapat dilipat.
 
Wuling Formo ditampilkan dalam pameran di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Rabu 7/11/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Sementara varian blindvan dikhususkan sebagai kendaraan pengangkut logistik dengan volume kabin sebesar 3.200 liter dan bobot angkut seberat 595 kilogram. 

Sebagai mobil logistik, Wuling Formo seri blindvan hanya dilengkapi dua kursi pada bagian depan. Sementara kabin tengah hingga belakang difungsikan sebagai ruang kargo.
 
Wuling Formo Blindvan ditampilkan dalam pameran di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Rabu 7/11/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)
 
Wuling Formo ditampilkan dalam pameran di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Rabu 7/11/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Meski didesain sebagai kendaraan komersial, namun kedua varian Wuling Formo diklaim tetap mengedepankan unsur kenyamanan saat dikendarai.

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengatakan terdapat sejumlah fitur pendukung yang berfungsi untuk menunjang kenyamanan, seperti adanya electric Power steering, meter cluster with multi information display, air conditioner, audio head unit yang terdiri dari radio FM, AM dan slot USB, serta power window.
 
Wuling Formo ditampilkan dalam pameran di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Rabu 7/11/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)


"Segmen konsumen kami itu para pelaku usaha kecil dan menengah, sehingga tentunya semua spesifikasi Wuling Formo sudah kami sesuaikan dengan segmen yang dituju," ucap Danang.

Wuling Formo dibekali mesin bensin berkonfigurasi 4-silinder berkapasitas 1200 cc dengan tenaga maksimal 77 horse Power pada 5600 rpm dan torsi sebesar 110 Nm di rentang 3600-4600 rpm. Adapun untuk transmisi menggunakan manual 5-percepatan dengan penggerak roda belakang.
 
Wuling Formo ditampilkan dalam pameran di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Rabu 7/11/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Dari segi keamanan, Wuling Formo dilengkapi oleh sabuk pengaman yang tersedia di kursi pengemudi dan kursi penumpang. Sedangkan kelengkapan standar keamanan lainnya yang biasa terdapat pada mobil seperti airbag dan headrest pada kursi penumpang (khusus varian minibus) tidak tersedia.

Wuling Formo tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu pristine White dan starry black. Terkait harga, pihak Wuling Motors membaginya dalam tiga jenis. 

Formo minibus tujuh tempat duduk ditawarkan dengan harga Rp136.800.000. Sementara Formo minibus delapan tempat duduk dan Formo Blindvan dibanderol Rp135.800.000 (OTR Jakarta).

"Kami berharap lini produk baru ini dapat diterima oleh masyarakat dan bisa menjadi bagian dari cerita sukses para wirausaha di Tanah Air," pungkas Cindy.

Baca juga: Wuling kenalkan mobil listrik mungil E100 di Surabaya

Baca juga: Confero paling laku di anjungan Wuling GIIAS 2018

 

Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018