Jakarta (ANTARA News) - Biaya yang dibutuhkan untuk sepaket perangkat audio mobil ternyata relatif murah. Cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp800 ribuan, satu set media hiburan tambahan untuk mobil kesayangan sudah bisa dibawa pulang.

Taksiran harga tersebut Antara peroleh saat mengunjungi pusat penjualan aksesoris dan suku cadang mobil di Atrium Senen, Jakarta Pusat, Selasa. Di salah satu toko yang khusus menjual perlengkapan audio mobil, diketahui bahwa harga sepaket audio termurah yang terdiri dari power amplifier, subwoofer dan speaker adalah Rp 850.000.

"Paketan audio yang merek China ada yang Rp850.000. Ini paling murah," ucap penjaga toko, Budi.

Kendati harga yang ditawarkan relatif terjangkau, Budi mengklaim bahwa suara yang dihasilkan oleh perangkat audio tersebut tidak kalah jauh dengan paket audio yang dijual dengan harga di atas Rp1 juta. 

"Kalau dari suara sih memang kalah tapi enggak jauh. Kalau dari spek (spesifikasi) sama kualitas pasti lebih bagus yang (harganya) di atas Rp1 juta," bebernya.

Di toko lainnya, harga sepaket audio mobil yang terdiri dari power amplifier dan subwoofer merk ADS, serta speaker merk Ultradrive dijual dengan harga Rp1.500.000. Semua merek tersebut merupakan produk impor asal negeri Tirai Bambu.

Harga paket audio murah memang beragam di beberapa toko. Bagi yang memiliki kocek lebih, bisa memilih paket audio seharga Rp4 juta yang terdiri dari power amplifier, speaker, dan subwoofer bermerk Soundstream. Jenama asal Amerika Serikat itu menawarkan spek yang lebih lengkap dan kualitas suara yang lebih prima. 

"Kalau yang cari lebih bagus, pilihannya bisa Soundstream. Itu juga lumayan dicari," ujar pemilik toko Audiostar, Ardi.
 
Tampilan paket audio merek Soundstream (ANTARA News/Fathur Rochman)


Ada pula paket audio yang dijual dengan harga belasan, atau bahkan puluhan juta rupiah. Biasanya paket kelas premium itu dipilih oleh mereka yang memiliki minat khusus terhadap audio mobil.

Indra, salah seorang penjual menyebut paket audio dengan harga "selangit" itu banyak dicari oleh mereka yang ingin mengikuti kontes audio mobil, atau yang menganggap audio mobil sebagai suatu hal yang prestise.

Indra kemudian menunjukkan paket audio seharga Rp15 juta, yang terdiri dari subwoofer, power amplifier dan sepasang speaker depan belakang merk Impulse, serta processor keluaran Venom. 

Harga paket tersebut sudah meliputi box khusus speaker di dalam kabin mobil serta lampu warna-warni pemanis perangkat audio.

"Harga Rp15 juta itu untuk yang mobil ukuran sedang ya. Kalau yang mobil besar seperti Fortuner atau Range Rover, itu harga paketnya bisa lebih mahal lagi. Ada yang Rp25juta. Itu sudah kualitas bagus semua," pungkasnya.

Baca juga: Audio mobil seharga Rp200.000 di Bazzar Automotive 2016

Baca juga: Tips pasang perangkat audio

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018