Jakarta (ANTARA News) - Crossover SUV Mazda CX-5 yang telah diperbarui  dengan tambahan mesin 2.5 liter turbo tidak akan dipasarkan di Indonesia. Demikian pernyataan dari Direktur Sales, Marketing dan Public Relation PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor resmi merek Mazda di Indonesia, Ricky Thio di Jakarta, Sabtu.

"(Mazda CX-5 bermesin turbo) tidak masuk Indonesia," ucap Ricky.

Mazda Motor Corporation selaku pabrikan yang memproduksi Mazda CX-5 baru bermesin turbo, sudah membuka pemesanan untuk model tersebut, dimulai dari diler-diler di Jepang, dan akan mulai dipasarkan 22 November mendatang.

Ricky mengatakan model CX-5 bermesin turbo dikhususkan untuk JDM (Japanese Domestic Market) dan beberapa negara lainnya sepeti Amerika Serikat.

"Jadi lebih ke arah MMC (Mazda Motor Corporation) keluarkan hanya buat di Jepang. Memang tidak semua mobil yang dibuat di MMC boleh buat di Indonesia. Memang ada beberapa mobil yang limited hanya di Jepang saja," terangnya.

Ricky menambahkan, bila dibandingkan dengan model CX-5 yang telah beredar di Indonesia, perbedaan mencolok hanya terlihat pada tenaga yang dihasilkan. "House powernya beda, (kalau yang lainnya) sama," terangnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, Mazda CX-5 baru ini menawarkan desain yang berbeda, kontrol responsif, dan diklaim lincah dalam situasi berkendara sehari-hari, kata Mazda dalam pernyataan resminya, dikutip Jumat.

Selain varian standar, Mazda juga menawarkan edisi khusus CX-5 Exclusive Mode, sebagai varian tertinggi yang menggabungkan material pilihan dan modernitas.

Dijual di 120 negara dan menyumbang seperempat volume penjualan Mazda, CX-5 merupakan saingan Honda CR-V, Kia Sportage, Mitsubishi Outlander Sport, dan sekelasnya.

Berbeda dengan model sebelumnya, Mazda CX-5 baru ini tersedia juga dalam pilihan mesin bensin SKYACTIV-G 2.5T, selain yang 2.0-liter, membuatnya sebagai model pertama di Jepang dengan powertrain turbocharged 2,5 liter.

Untuk model bermesin diesel SKYACTIV-D 2,2 tersedia untuk pertama kalinya dengan transmisi manual 6-percepatan.

Sebagai varian tertinggi, CX-5 Exclusive Mode interiornya digarap lebih halus dengan bahan kualitas tinggi, seperti kulit Nappa dan panel dekoratif woodgrain yang menciptakan kabin lebih soft.

Mazda mengatakan akan terus melakukan pembaruan berkala model-model yang sudah dikeluarkan.

Baca juga: Mazda CX-5 baru dibekali mesin turbo

Baca juga: Mazda keluarkan CX-5 edisi khusus, cuma 50 unit

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018