Jakarta (ANTARA news) - Lebih dari 18 juta unit mobil terjual di China selama periode Januari hingga Agustus 2018, naik sekitar tiga persen dibanding tahun 2017. Demikian dikatakan oleh juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng, dilansir Xinhua, Sabtu (22/9).

Kementerian Perdagangan memperkirakan pasar mobil di China akan mempertahankan stabilitas pertumbuhannya pada paruh kedua tahun ini. 

"Penjualan mobil secara keseluruhan di China stabil dalam delapan bulan pertama tahun ini, dan tren ini akan terus berlanjut dalam beberapa bulan mendatang," kata Gao sepertin dilansir Xinhua. 

Baca juga: Keuntungan meroket, Geely yakin lewati target di China

Gao juga mencatat bahwa penjualan kendaraan penumpang mengalami penurunan 4,6 persen dari tahun ke tahun menjadi 1,8 juta pada bulan Agustus, menghubungkan penurunan bulanan ke level tinggi tahun lalu.

Penyebabnya antara lain sikap menunggu-dan-lihat konsumen setelah pemotongan tarif mobil efektif pada Juli, dan pasar yang menyusut untuk mobil low-end karena peningkatan konsumsi.

Meski begitu, Gao optimis masihada potensi pertumbuhan untuk pasar mobil di kota-kota ketiga dan keempat China, serta wilayah tengah dan barat, meskipun populasi mobil di China telah melampaui 200 juta unit.

"Selain itu, kebijakan preferensial untuk pembelian kendaraan energi baru juga akan berkontribusi terhadap pertumbuhan penjualan," tutup Gao.

Baca juga: Penjualan Audi meroket di China

 
Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018