Jakarta (ANTARA News) -  Honda Motor mulai memasarkan All-new Honda CR-V di Jepang pada Jumat (3/8) dengan tipe mesin berbahan bakar bensin, sedangkan tipe hybrid akan mulai dijual pada Kamis (1/11).

Dalam versi terbaru, All-new Honda CR-V tersedia dalam dua versi, yaitu berbahan bakar bensin dan versi mesin hybrid.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1995, CR-V menjadi salah satu model Honda yang mendunia. Generasi kelimanya hadir dengan performa dinamis, menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dan menambah rasa percaya diri saat berkendara di berbagai situasi.

Mesin yang didukung Sport Hybrid i-MMD dari versi Honda CR-V 4WD menjadi yang pertama dalam All new Honda CR-V, berupa sistem hybrid inovatif yang menggunakan penggerak 2 motor. Sedangkan All-new Honda CR-V berbahan bakar bensin hadir dengan kabin berisi tiga baris kursi atau bisa sampai dengan 7 penumpang, demikian menurut keterangan tertulis yang diterima Jumat (31/8). 

Baca juga: Honda Sonic 150R ubah tampilan jadi lebih agresif

Performa Dinamis

All-new Honda CR-V memperbanyak penyempurnaan di berbagai aspek, termasuk kerangka dasar yang mengadopsi platform Civic yang terbaru.

Performa dinamis juga disempurnakan sehingga kendaraan menjadi lebih responsif terhadap keinginan pengendara baik saat berbelok maupun pada saat mengerem, serta  bodi yang besar dan kokoh dengan pusat gravitasi yang rendah mewujudkan pengendara yang sporty juga stabil dalam berbagai kecepatan.

Hybrid pertama CR-V dan turbo bertenaga besar

Dengan mesin sport Hybrid i-MMD, varian hybrid yang pertama di Honda CR-V beroperasi dalam tiga mode berkendara, yaitu EV Drive, Hybrid Drive dan Engine drive yang akan berganti-ganti, tergantung situasi berkendara di perjalanan, guna mewujudkan efisiensi bahan bakar sebesar 25,8 km/l.

Mobil ini menjadi model pertama yang menggunakan mesin Hybrid i-MMD dengan penggerak 4WD yang bekerja secara presisi dan cepat dalam mendistribusikan torsi ke roda depan dan belakang melalui kontrol elektronik, sehingga menghasilkan perfoma yang bagus untuk berkendara di jalan yang licin maupun menanjak.

Sementara itu, All-new Honda CR-V dengan mesin berbahan bakar bensin didukung oleh 1.5L Direct Injection VTEC Turbo dengan Dual VCT untuk bagian intake dan exhaust. Dengan mesin turbo, All-new Honda CR-V mempunyai torsi yang setara dengan mesin 2,4L dengan berkendara serasa pada tenaga tinggi.

Kabin luas

Honda CR-V semakin diperkuat dengan kabin nyaman dengan susunan kursi yang serbaguna, serta bagasi besar dan ramah pengguna, kursi baris belakang juga semakin nyaman dengan ruang kaki bertambah 50 mm dibandingkan model Honda CR-V pendahulunya.

Sedangkan pada varian berbahan bakar bensin, versi 7 penumpang juga hadir dalam ukuran bodi yang sama dengan versi 5 penumpang, luas ruang untuk 7 penumpang diraih dengan meratakan tangki bensin dan desain di bagian lantai dan atap. Kenyaman pada baris belakang juga menjadi prioritas dengan menggunakan pegas di dalam bangku baris ketiga.

Teknologi

Teknologi keselamatan Honda SENSING juga telah menjadi perlengkapan standar di semua tipe mobil All-new Honda CR-V, guna mendukung pengendara lebih aman dan juga untuk mencegah benturan dengan memberikan peringatan pengendara menggunakan milimeter-wave radar dan monocular camera untuk menilai situasi jalan, serta dilengkapi juga teknologi braking/steering control.

All-new Honda CR-V menjadi model pertama yang diperkenalkan di Jepang dengan fitur Hands-Free Access Power Tailgate, yang tidak hanya dapat membuka atau menutup tailgate dengan sensor kaki bawah bumper belakang  tetapi juga berfungsi untuk untuk menghentikan tailgate pada ketinggian tertentu saat membuka atau menutup.

All-new Honda CR-V dijual di Jepang dalam empat tipe yaitu EX, EX Masterpiece dengan rentang harga mulai 3.230.280 yen hingga 4.361.040 yen, dengan berbagai varian warna, yaitu Premium White Pearl, Luna Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Ruse Black Metallic, Midnight Beam Metallic dan Premium Crystal Metallic.

Baca juga: Honda tak mau buru-buru segarkan tampilan BR-V

Baca juga: Ferrari langka tahun 1962 250 GTO terjual 48,4 juta dolar, cetak rekor dunia
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018