Paris (ANTARA News) - Pabrikan otomotif Amerika Serikat, Ford, berencana menutup pabrik gearbox di Blanquefort-Bordeaux, Prancis, apabila tidak ada pembeli yang datang untuk membeli lahan pada pabrik yang mempekerjakan 900 pekerja itu, kata Ford dilansir Reuters, Jumat (8/6).

Manajemen Ford mengumumkan rencana penutupan pabrik kepada serikat pekerja yang mengakibatkan para karyawannya diarahkan untuk pensiun dini dan mulai akan berlaku pada September 2019, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Namun, juru bicara Ford mengatakan perusahaan sedang dalam pembicaraan dengan satu pembeli potensial yang menolak untuk disebutkan identitasnya.

Baca juga: DFSK siap bangun engine plant di Indonesia tahun ini

Media lokal Prancis menyebut bahwa pabrik itu akan dibeli pemasok transmisi Punch Powerglide yang dikabarkan masih bernegosiasi dengan Ford, namun laporan ini belum dikonfirmasi.

Dalam pernyataan terpisah, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire menggambarkan rencana Ford untuk menjual pabrik terlalu prematur, padahal kesepakatan untuk menyelamatkan pabrik dan para karyawan masih bisa dilakukan.

Le Maire "sangat menyesalkan keputusan ini," kata kantornya, demikian Reuters.

Baca juga: Ford tangguhkan produksi truk F-150

Baca juga: Ford siapkan lima mobil baru, dongkrak penjualan di China

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018