Tokyo (ANTARA News) - Toyota Motor Corp dan Suzuki Motor Corp sepakat berbagi model kendaraan dan saling memproduksi mobil di India, sebagai upaya Toyota meningkatkan market share di negara dengan pasar mobil terbesar kelima di dunia.

Suzuki akan memasok kendaraan bermesin bensin dan hibrida Baleno hatchback serta SUV kompak Vitara Brezza ke Toyota. Sedangkan Toyota akan memproduksi Corolla hibrida untuk Suzuki, menurut pengumuman perusahaan itu.

Analis mengatakan langkah itu akan membantu Toyota memperluas kehadirannya di India sekaligus meningkatkan penjualan.

"Dengan menjual kembali Baleno dan Vitara yang sedikit berubah, Toyota dapat meningkatkan jaringan distribusinya dan bergerak lebih ke arah perluasan pangsa pasar," kata kepala penelitian transportasi Asia dari Macquarie Securities Janet Lewis dilansir Reuters beberapa waktu lalu.

Proses manufaktur di India akan dimulai pada pertengahan 2019.

Berdasarkan kesepakatan itu, kendaraan yang dibuat Suzuki akan diganti namanya menjadi mobil Toyota, sedangkan kendaraan Toyota akan menggunakan jenama Suzuki.

Seorang juru bicara Toyota menolak untuk memberikan rincian tentang angka produksi, sementara media Nikkei melaporkan bahwa Toyota akan memasok sekitar 10.000 kendaraan ke Suzuki, sementara Suzuki akan memproduksi hingga 50.000 unit per tahun untuk Toyota.

Kemitraan yang semakin mendalam antara kedua produsen mobil membuka peluang Suzuki menggunakan R & D Toyota untuk mengembangkan kendaraan dengan emisi rendah dan mobil swakemudi.

Kedua perusahaan itu berencana untuk memperkenalkan mobil listrik di India sekitar pada tahun 2020.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018