Jenewa (ANTARA News) - Pabrikan mobil mewah Inggris, Aston Martin, mengumumkan bahwa purwarupa mobil bertenaga listrik Lagonda Vision akan mulai masuk dapur produksi pada 2021.

Dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/3), Aston Martin ingin menjadikan Lagonda sebagai kendaraan mewah berpenggerak listrik nol emisi pertama di dunia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi listrik terbaru.

Mobil ini juga akan memanfaatkan teknologi penggerak otonom (swakemudi) yang merupakan revolusi terbesar dalam transportasi darat sejak penemuan mobil tersebut.

Lagonda akan menampilkan sebuah kemewahan dalam desain yang modern sebagai sebuah harmoni yang juga saling meningkatkan karakteristik kendaraan itu.

Pada kesempatan yang sama, Aston Martin juga menggelar debut untuk model Valkyrie AMR versi balap pada pameran Geneva International Motor Show yang digelar pada 8-18 Maret 2018.

Aston Martin Valkyrie AMR Pro hanya tersedia sebanyak 25 unit dengan pengiriman yang dilaksanakan pada 2020. Saat ini seluruh mobil itu telah laku terjual.

Baca: Aston Martin pamerkan Valkyrie AMR versi balap, cuma 25 unit

Valkyrie AMR merupakan evolusi pengembangan dari hypercar yang khusus digunakan untuk jalur balap. Mobil itu mengambil basis dari versi jalan raya,dengan sejumlah peningkatan demi mendapatkan performa seperti mobil Le Mans LMP1 atau mobil balap Formula One.

Spesifikasi teknis Valkyrie AMR Pro memang belum diumumkan, namun kunci AMR Pro yang diklaim menghasilkan performa besar berkat konstruksi ringan dan aerodinamis yang menghasilkan downforce tinggi serta bobot mobil yang hanya 1.000 kilogram.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018