Bogor (ANTARA News) - Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki dua "peluru" di segmen pasar hatchback dengan hadirnya Suzuki Baleno terbaru yang akan menemani model Suzuki Swift bersaing di segmen tersebut.

Harold Donnel selaku Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT SIS mengatakan hadirnya Baleno Hatchback yang akan diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 tidak akan terlalu mengganggu saudaranya, Swift, karena perbedaan segmen konsumen.

Sebaliknya, kehadiran Baleno diharapkan mampu menambah 10 persen volume penjualan Suzuki di segmen hatchback.

"Swift menampilkan daya emosional yang lebih tinggi dengan desainnya yang lebih aerodinamis dibandingkan Baleno. Tapi baleno punya harga yang lebih kompetitif dan juga daya fungsional yang lebih mengakomodir dari Swift ini," kata Harold kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, Kamis.

"Jadi nanti tergantung pilihan konsumen. Di pasar hatcback walaupun (pasarnya) 5000-an unit, kami punya dua peluru, di saat yang lain punya satu peluru," jelas dia.

Lebih lanjut, Harold menjelaskan sebesar 60 persen peminat Baleno adalah kaum wanita. Sedangkan Swift dengan desain yang lebih sporty disukai oleh kaum pria.

"Kalau Swift, berdasarkan data konsumen kami, kebanyakan cowok. Artinya, kalau mau mengarahkan cowok yang beli, kami akan aktifasi ke Swift, kalau untuk cewek ke Baleno," pungkas Harold.

Suzuki Indonesia akan mengumumkan harga Baleno Hatchback pada 10 Agustus 2017 pada pameran GIIAS di BSD, Tangerang, Banten.

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017