Gubernur Bali jajal ZBee, mobil listrik produksi Banyuwangi

Selasa, 4 Juli 2017 17:01 WIB
Gubernur Bali jajal ZBee, mobil listrik produksi Banyuwangi
Gubernur Bali Made Mangku Pastika mencoba mobil listrik rancangan Swedia yang sudah diproduksi di dalam negeri (4/7/2017).(FOTO:humasprovbali)
Denpasar (ANTARANews) -  Gubernur Bali Made Mangku Pastika mencoba mobil listrik bernama ZBee yang merupakan rancangan dari Swedia dan sudah diproduksi di dalam negeri, yakni di Banyuwangi, Jawa Timur.

"Saya pikir ini langkah baik, karena kami ingin green province . Ini salah satu pengembangan ekonominya," kata Pastika di sela-sela mencoba prototipe mobil listrik itu, di halaman Kantor Gubernur, di Denpasar, Selasa.

Mobil listrik itu diperkenalkan oleh Per Brandt, pengusaha asal Swedia yang sudah lama tinggal di Indonesia dan  khusus datang menemui Gubernur Bali.

Mantan Kapolda Bali tersebut tampak lincah menyetir mobil listrik dengan penumpang Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Made Santha, mengitari area parkir Kantor Gubernur.

"Inovasi mobil listrik ini merupakan revolusi yang bagus untuk Bali ke depan, dengan beberapa keunggulan yang dimiliki seperti minim polusi, hemat energi dan hemat parkir. Hanya saja memang perlu dipikirkan soal izin, pajak dan sebagainya," ujar Pastika.

Sebagai bentuk dukungan, Gubernur Bali langsung memesan satu unit dengan desain warna seperti Bus Trans-Sarbagita dan tulisan Bali Clean and Green di sampingnya.

Ia juga meminta agar produk ini bisa dipamerkan pada Pameran Pembangunan Pemerintah Provinsi Bali pertengahan Agustus 2017.

Sementara itu, Per Brandt mengatakan saat ini pabrik ZBee di Banyuwangi, Jawa Timur, sudah memproduksi 12 unit kendaraan yang diklaim bisa menempuh jarak 60 kilometer dengan konsumsi listrik 2 Kwh.

Di Eropa sendiri khususnya di Swedia, kendaraan ini sudah menjadi armada sehari-hari. Ia menilai mobil listrik cocok digunakan di Bali yang masyarakatnya peduli dengan alam dan lingkungan.


Editor: Risbiani Fardaniah

COPYRIGHT © 2017

Perusahaan produsen kendaraan roda empat asal India, Tata Motors menarget penjualan 400 unit kendaraan komersial  di Sumatera Selatan pada tahun ...
Kia Motors Corp akan menarik (recall) lebih dari 507.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) atas masalah sistem kelistrikan yang menyebabkan kantung udara ...
Perusahaan pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) meluncurkan situs e-commerce jual beli motor bekas momotor.id guna meneruskan ...
Atraksi Gajah Monster menjadi salah satu acara yang paling ditunggu pengunjung pada Otobursa Tumplek-Blek 2018 di Kemayoran, Jakarta, 21-22 Juli. Gajah ...
Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyediakan 18 kendaraan berupa 12 mobil listrik ...