Jakarta (ANTARANews) - Kendaraan serbaguna (MPV) kecil dan sport (SUV) bakal menjadi andalan Mitsubishi di Indonesia, untuk memperkuat pangsa pasarnya di negeri ini.

"MPV ini tantangan yang harus ditaklukkan," kata CEO Mitsubishi Motors Corp (MMC) Osamu Masuko, di Jakarta, Rabu.

Pernyataannya itu dikemukakan terkait Mitsubishi melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) akan masuk ke segmen pasar mobil terbesar di Indonesia yaitu MPV kecil dengan tujuh penumpang pada Oktober 2017.

Sejumlah persiapan telah dilakukan Mitsubishi antara lain dengan membangun pabrik baru berkapasitas 160 ribu unit/tahun di Cikarang, Jawa Barat, yang bakal beroperasi pada April 2017.

Pabrik tersebut akan memproduksi kendaraan tujuh penumpang dengan konsep crossover MPV yang memadukan desain minivan dan SUV dalam sebuah mobil keluarga yang dinamis.

Diakui Masuko, pada segmen kendaraan penumpang (passanger car) Mitsubishi merupakan penantang baru, karena selama ini lebih fokus dan telah menjadi kuat di segmen kendaraan niaga (commercial car), seperti truk dan minibus.

"Ke depan model-model SUV dan MPV akan lebih banyak dijual (di Indonesia)," ujar Masuko yang khusus datang ke Indonesia di dampingi jajaran pimpinan Mitsubishi lainnya seperti Eksekutif Wapresdir MMC Kozo Shiraji.

Ia yakin MPV kecil Mitsubishi yang akan diperkenalkan pertama kali di Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) tahun ini bakal mendapat tempat di pasar MPV nasional.

Apalagi, menurut Presdir KTB Hisashi Ishimiki, SUV Mitsubishi Pajero Sport telah mendapat sambutan bagus di pasar Indonesia dengan penjualan sebanyak 11 ribu unit sejak diluncurkan pada 29 Januari sampai Juli 2016.

"Mitsubishi Pajero Sport bersama dengan Toyota Fortuner, kami berhasil memperluas pasar di segmen SUV medium," ujarnya.

Sampai akhir tahun, KTB menargetkan Pajero Sport mampu meraih pangsa pasar 35 persen di segmen medium SUV.

Pangsa pasar tersebut diperkirakan terus meningkat seiring dengan pengoperasian pabrik baru di Cikarang pada April 2017.

"Dengan merakit sendiri (di Cikarang), kami berharap bisa meningkatkan volume penjualan Pajero Sport," kata Ishimaki.

Selama ini Pajero masih diimpor dari Thailand, yang merupakan salah satu negara basis produksi Mitsubishi di kawasan ASEAN.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016