Kanagawa (ANTARA News) - Salah satu kendaraan masa depan ciptaan Toyota Motor Corporation (TMC) bernama i-Road dikembangkan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan dampak terhadap lingkungan.

Menjajal kendaraan berbahan bakar listrik dengan beberapa macam seperti warna hijau-hitam, biru-hitam, putih-hitam, magenta-hitam kuning hitam inipun merupakan sensasi tersendiri.

"Kendaraan ini dapat digunakan oleh dua orang penumpang dengan berat maksimum 140 kg," kata Project General Manager Zl Sports Vehicle Management Division TMC Akihiro Yanaka di Kanagawa, Jepang, Jumat.

Rombongan media asal Jakarta yang mendapat kesempatan untuk "test drive" di Fuji Speed Way, Kanagawa, Jepang, merasakan sensasi tersendiri.

Mengendarai i-Road hampir sama seperti mengendarai mobil jenis matic, di mana terdapat tombol R untuk mundur, D untuk berjalan dan N untuk netral.

Selain itu, terdapat tombol P untuk parkir dan tiga jenis pegas pada kaki yang berfungsi untuk gas pada pegas paling kanan, rem pada pegas bagian tengah dan pegas paling kiri yang berfungsi seperti rem tangan seperti pada mobil manual.

Kemudian, pada bagian setir, terdapat tungkai untuk sen kiri dan kanan, serta tampilan layar untuk menunjukkan kecepatan, sisa bahan bakar dan beberapa informasi seperti mobil pada umumnya.

Untuk mulai berjalan, pengendara perlu menginjak rem pada pegas bagian kiri sambil menginjak rem, kemudian menginjak gas dan kendaraan dengan lebar 870 mm dan panjang 2.345 mm dan rasio 4:1 dengan mobil pada umumnya ini akan mulai melaju.

Berbeda dengan motor, i-Road memiliki tiga roda dengan dua roda di depan dan satu di belakang, di mana roda di belakang akan berbelok ketika setir di tangan pengendara diarahkan ke kiri atau ke kanan.

Dan roda bagian depan akan mengikuti belokan tersebut ke arah atas dan bawah sehingga kendaraan akan miring ke kiri atau ke kanan.

Yanaka mengatakan, i-Road adalah sebuah kendaraan kelas menengah yang menjembatani bago pejalan kaki dan moda transportasi yang ada seperti mobil dan motor.

"Selain ramah lingkungan, kendaraan ini juga menarik perhatian sebagai kendaraan yang menyenangkan untuk digunakan dan bersahabat bagi pejalan kaki," ujar Yanaka.

Sayangnya, TMC belum memastikan kapan i-Road akan diproduksi secara massal dan dinikmati seluruh masyarakat di dunia.
Pewarta:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015