Jakarta (ANTARA News) - Pemudik yang menggunakan jasa penyewaan mobil untuk pulang ke kampung halaman hendaknya waspada dan tidak asal-asalan memilih rental mobil

Marketing operasional perusahaan jasa rental mobil Dipo Rental Jakarta Bambang Irawan, di Jakarta, Selasa, membagikan sejumlah kiat untuk memilih rental mobil:

1. Buat daftar penyedia rental

Bambang menyarankan untuk membuat daftar penyedia jasa sewa mobil terpercaya di kota setempat untuk memudahkan membuat keputusan.

2. Cari tahu latar belakang rental

Langkah berikutnya, ujar Bambang, adalah mencari tahu latar belakang rental.

"Kalau ingin tenang ya pilih rental yang sudah jadi langganan tapi kalau enggak ada pilih yang urutan atas di internet.  Lalu cari tahu latar belakangnya apakah rental individu atau perusahaan," katanya.

Bambang juga menjelaskan baik rental individu maupun perusahaan memiliki keunggulannya sendiri misalnya, untuk rental individu kondisi mobil biasanya terawasi oleh pemilik, sedangkan rental perusahaan memiliki keunggulan jumlah mobilnya banyak dan jenis yang beragam.

3. Tentukan jenis kendaraan sesuai kebutuhan

Jenis mobil hendaknya sudah ditentukan sebelum pergi ke rental dengan mempertimbangkan kapasitas penumpang dan barang, rute perjalanan serta peruntukannya.

"Cari rental yang punya jenis armada yang kita inginkan. Kuncinya adalah cari rental yang punya armada banyak supaya ga cape bolak-balik," ujarnya.

4. Bandingkan harga sewanya

Sebaiknya jangan langsung memesan mobil tanpa membandingkan harga sewanya.

"Sangat dianjurkan untuk membandingkan harga supaya penyewa tidak menyesal telah menghabiskan dana yang besar padahal di tempat lain lebih murah dengan pelayanan sama," katanya.

5. Pilih rental yang bertanggung jawab

Tanggung jawab dari pihak rental harus menjadi landasan pelanggan dalam menentukan pilihannya jangan asal murah tapi tidak bertanggung jawab.

"Pilih rental yang meng-cover pelanggan dengan asuransi supaya ada perlindungan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, terutama konsumen yang belum punya rental langganan," ujar Bambang.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014