Jakarta (ANTARA News) - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 ke-22 18-28 September, panitia menambah 10% luas lahan dibandingkan pameran tahun lalu.

“Sudah menjadi target dan tanggung jawab kami untuk menjadikan IIMS lebih baik, dan lebih baik lagi setiap tahun,” tutur Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2014.

Lahan IIMS 2014 seluas 83.137 meter persegi dan akan menampilkan berbagai produk otomotif, teknologi, mobil konsep dari 38 merek anggora Gaikindo, terdiri dari 28 passanger cars dan 7 commercial vehicles, serta lebih dari 259 industri pendukung, tentunya dengan nuansa yang mendukung tema tahun ini “Smart and Safe Mobility”.

Johnny mengemukakan penyelenggara telah mempersiapkan program-program unggulan sebagai magnet untuk mendatangkan pengunjung.

“Tentunya kami berharap ini bukan hanya untuk pengunjung dalam negeri saja, namun juga pengunjung luar negeri, paling tidak di kawasan Asia Tenggara,” tambah Johnny.

Program-program unggulan IIMS akan menghadirkan tiga macam acara, yaitu program indoor, program outdoor, serta program sosial.

Salah satu program yang selau mendapatkan perhatian penuh dari Gaikindo adalah konferensi tahunan The 9th Indonesia International Automotive Conference.

Memasuki penyelenggaraannya yang ke-9 kali di tahun ini, konferensi yang selalu mengedepankan isu terkini di dunia otomotif ini akan membahas berbagai kebijakan terpadu antara sektor transportasi, energi, lingkungan hidup, infrastruktur, dan industri otomotif.

Kebijakan terpadu tersebut merupakan faktor kunci keberhasilan lebih lanjut untuk "Smart & Safe Mobility", yang merupakan tema utama penyelenggaraan IIMS 2014.

Konferensi ini akan dihadiri oleh pembicara yang merupakan para profesional dibidang otomotif, mulai dari pemerintah, pemain industri baik lokal maupun internasional, hingga para pemerhati industri otomotif Indonesia.
Akan berlangsung pada 25 September 2014, di arena pameran IIMS 2014, konferensi tahunan ini diharapkan akan menjadi sebuah forum yang dapat mendorong perkembangan industri otomotif Indonesia.

Selain The 9th Indonesia International Automotive Conference, Miss Motor Show 2014, berbagai program unggulan lainnya juga akan dipersiapkan panitia.

Program unggulan yang akan melibatkan partisipasi langsung dari para jurnalis dan juga para pengunjung dijamin akan memberikan kesan tersendiri pada IIMS 2014 ini, mulai dari Press Writing Competition, Favorite Car Competition and Favorite Stand Competition by visitors  choice,  hingga program terbaru Hot Wheels Competition akan hadir sepanjang pelaksanaan IIMS tahun ini.

Sedangkan program yang akan berlangsung diarea outdoor pada IIMS 2014 adalah Test Drive, Gymkhana Race War, Rush Swift Stunt Show, dan Palm Challenge/Touch the Car. Selain itu, akan tetap hadir pula program sosial Students Day, Tour for Disabled, Blood Donation, Book Donation, Kunjungan Anak Yatim, Support for Universities, Support for non-profit organization, Support for Small & Medium Enterprises, Students Tour to APM Assembling Plant, serta Stroller and Wheelchair Donation.

Gymkhana Race War pada IIMS 2014akan menempati luas dua kali lipat lebih besar dari area kompetisi di tahun lalu, lintasannya pun memiliki sejumlah perubahan, seperti handicap, model  tikungan dari yang 180 sampai 360 derajat, bahkan terdapat juga sebuah lintasan yang  berbentuk angka 8.  

Tantangan terbaru di IIMS 2014 yakni Hot Wheels Competiton dipersiapkan untuk memuaskan para pecinta mainan die-cast yang telah merebut perhatian publik sejak tahun 60-an, dan pada IIMS 2014 panitia akan mempersiapkan arena khusus lengkap dengan trek menantang, dimana para peserta akan berlomba memperlihatkan kemampuan mereka dalam memainkan die-cast yang juga menjadi pilihan koleksi bagi banyak pecintanya.

Program ini di harapkan dapat menjadi sebuah ajang pertemuan bagi seluruh pecinta Hot Wheels di Indonesia.

Selain program-program diatas, IIMS 2014 juga masih akan menghadirkan program seru seperti  Rush Swift Stunt Show, Palm Challenge, dan Test Drive.

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014