Jakarta (ANTARA News) - Volkswagen akan menghadirkan versi lanjut dari kendaraan konsep SUV Taigun di ajang Auto Expo 2014 di New Delhi, India.

Mobil yang disebutnya sebagai "konsep-dekat produksi" atau dengan kata lain akan segera diproduksi itu hadir dengan sedikit perubahan dibanding konsep awal yang disajikan di Sao Paulo, Brazil.

Mobil konsep SUV sport terbaru tersebut bagian belakangnya sudah diubah dengan dilengkapi ban cadangan, menurut Volkswagen dalam pernyataan di laman resminya belum lama ini.

"Dan inilah solusi sebenarnya bagi pengendara masa depan ada di Taigun baru," katanya.

Berlatar belakang popularitas konsep Taigun di Sao Paolo, VW kemudian menganalisis umpan balik mengenai keinginan pelanggan di seluruh dunia.

Dan, ditambahkannya fitur dudukan dan ban cadangan di belakang merupakan implementasi dari umpan balik pelanggan yang menginginkan akses cepat ke ban cadangan.

Taigun memiliki panjang 3,859 meter, dimensi kompak dan interior relatif luas. Berikut ban cadangannya, Taigun berpanjang 3,995 meter, lebar 1,728 meter, dan tinggi 1,570 meter.

Di antara bumper depan dan belakang, mobil itu memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) 2,470 meter, merepresentasikan ruang kabin yang relatif panjang.

Taigun empat tempat duduk ini didukung dengan mesin dan diklaim efisien bahan bakar 1.0-liter TSI (turbocharged, mesin bensin direct injection) dengan 81 kW/110 PS.

Rata-rata konsumsi bahan bakar hanya 4,71/100km (110g/km C02) atau bisa menempuh jarak 1.000 km dengan bensin kapasitas penuh (fuel tank) 50 liter.

Mobil konsep berbobot sekitar 998kg itu mampu berakselerasi ke 100km/jam dalam waktu hanya 9,2 detik dan memiliki kecepatan maksimum 186km/jam.

Mesinnya dikombinasikan dengan enam percepatan (6-speed) gearbox manual, roda 17 inci  berukuran 205/50 R17.
Pewarta: Suryanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014