Osaka (ANTARA News) - Toyota mendirikan Museum Peringatan Industri dan Teknologi Toyota (Toyota Commemorative Museum of Industry and Technology) yang merupakan bekas pabrik pemintalan di Nagoya, Jepang.

Museum ini dibangun atas kreasi bersama perusahaan grup Toyota, didirikan di lokasi pabrik percontohan oleh Sakichi pada 1911.

Sakichi Toyoda, memiliki semangat yang dipajang di museum ini yakni "Always be studious and creative, striving to stay ahead of the times" (Selalu belajar dan kreatif, bekerja lebih baik agar tetap terdepan ). 

Pabrik awalnya digunakan untuk meneliti dan mengembangkan alat tenun otomatis.  Museum ini didirikan sebagai akses masyarakat untuk mengetahui sejarah Toyota.

Di pintu awal Museum terpajang mesin pemintal besar yang merupakan ciptaan Sakichi Toyoda yang merupakan kakek Presiden Toyota, Akio Toyoda.

Museum terdiri atas dua bagian utama, yaitu paviliun mesin tekstil dan mobil. Bagian kedua adalah taman energi, mesin uap, technoland dan toko cendera mata.

Selanjutnya, Kiichiro Toyoda, melanjutkan kreasi ayahnya Sakichi. Kiichiro dengan merintis mesin bensin pada tahun 1934. 

Pada tahun 1936, Kiichiro mampu memproduksi massal truk pertama GA dan memproduksi mobil penumpang AA dengan logo diubah dari Toyoda menjadi Toyota.

Di Nagoya, Toyota juga memiliki lokasi pengembangan robot dan Toyota Ecoful Town adalah kota berwawasan lingkungan. (*)
Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013