Jakarta (ANTARA News) - Manajer Teknik Toyota Team Indonesia Usman Adie mengatakan Toyota Etios Valco merupakan mobil sederhana yang mudah dimodifikasi sehingga tidak memerlukan biaya besar ketika digunakan untuk kejuaraan slalom.

"Kalau mobil-mobil lainnya bisa menghabiskan biaya jutaan rupiah, Etios Valco hanya menghabiskan biaya Rp10 juta hingga Rp20 juta," kata Usman Adie saat jumpa pers di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Kemudahan Etios Valco untuk dimodifikasi itu, kata Usman, tidak lepas dari spesifikasinya yang memiliki torsi yang besar, meskipun dengan isi silinder yang kecil. Etios Valco didesain sebagai "city car" dengan isi silinder 1.200 cc.

"Karena itu, meskipun tidak banyak dimodifikasi, ternyata performa Etios Valco di balapan slalom cukup bagus," ujarnya.

GM Toyota Team Indonesia Memet Djumhana mengatakan meskipun tergolong mobil baru, Etios Valco meraih prestasi yang cukup membanggakan di ajang kejuaraan slalom.

"Etios Valco berhasil meraih posisi pertama dan kedua di Kejurnas Slalom Seri kelima di Surabaya untuk kelas A3. Selain itu, di kompetisi gymkhana IIMS 2013, hingga putaran keempat pebalap TOyota yang menggunakan Etios Valco juga masih menempati urutan pertama dan kedua," tuturnya.

Alinka, satu-satunya pebalap perempuan di Toyota Team Indonesia, mengatakan tidak terlalu sulit untuk menguasai Etios Valco di arena balap.

"Pengalaman saya bergabung di Toyota selama lima tahun, tidak terlalu sulit beradaptasi dengan mobil-mobil Toyota," ujarnya.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013