Jakarta (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan produk roda dua terbarunya, Honda Stylo 160, skuter matik (skutik) premium penuh gaya, di kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jumat, dan ANTARA berkesempatan menjajalnya secara singkat.

Dari segi desain, skutik bergaya retro-modern ini sangat menarik perhatian, membuat seseorang menoleh ketika ia melintas di jalanan. Ditambah lagi desain lampu utama heksagonal dan pilihan warnanya yang unik dan terlihat premium.

Baca juga: AHM catatkan penjualan sebanyak 1,4 juta unit motor di Q1

Baca juga: Honda kembangkan sepeda motor listrik bersaing di segmen 500-750 cc


Teknologi pada bagian tata cahayanya juga telah full LED, selain dapat menerangi jalan dengan sangat baik, lampu tersebut memberikan kesan mewah dan modern.

Honda Stylo 160 (ANTARA/HO/AHM)
Honda Stylo 160 (ANTARA/Pamela Sakina)


Lampu sein Honda Stylo 160 didesain menyatu pada bodi bagian depan, dan lampu belakangnya juga menyatu pada bagian buritan dengan LED. Lampu belakang tersebut juga diberikan aksen smoke, memancarkan kesan premium, berbeda dengan kebanyakan skuter matik di pasaran saat ini.

Performa dan rasa berkendara

Tidak hanya perawakannya yang molek, Honda Stylo 160 juga memiliki performa yang kencang, dibekali mesin berkapasitas 160 cc empat katup (cukup besar di kelasnya), lengkap dengan pendingin cairan eSP+.​​​​​​

Skutik ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,3 kW/8.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 13,8 Nm/7.000 rpm.

Benar saja, ketika kami jajal, tenaga dari dapur pacu Stylo 160 begitu terasa. Pada tarikan gas pertama, skutik ini langsung mengeluarkan tenaga dengan sangat responsif.

Meski bertenaga cukup besar di kelasnya, penyaluran tenaga tetap sangat halus tanpa hentakkan yang mengejutkan, sedikit mirip dengan karakter Honda Vario 160 cc.

Baca juga: Honda catat peningkatan penjualan pada November

Baca juga: Honda pamerkan sederet motornya di MotoGP Mandalika 2023


Pada kecepatan tinggi, Stylo 160 mampu melaju dengan mudah tanpa raungan dari mesin, begitu juga saat di jalanan menanjak. Dengan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang ringan, Stylo 160 dapat bermanuver dengan lincah.

Honda Stylo 160 (ANTARA/HO/AHM)


Belum diketahui di atas kertas mengenai bobot keseluruhannya, namun, Stylo 160 terasa tidak seringan adiknya, Scoopy dan Genio, yang juga mengusung konsep skutik stylish. Kendati demikian, tentu saja Scoopy dan Genio terasa lebih ringan, mengingat keduanya hanya berkapasitas mesin 110 cc.

Bagi wanita dengan bobot cukup besar seperti penulis, ternyata masih perlu menjaga keseimbangan skutik ini saat bermanuver di kecepatan rendah, namun tidak masalah pada kecepatan tinggi.

Skutik ini memiliki jarak terendah dengan tanah setinggi 151mm, dan dengan tinggi badan 163 cm, penulis masih perlu sedikit jinjit saat berhenti. Namun, bukan berarti Stylo 160 sulit ditunggangi, skutik ini tetap tergolong dapat dikendarai dengan mudah seperti skuter lainnya.

Bobot yang terasa lebih berat tersebut tentu memiliki kelebihan, yakni membuatnya tetap kokoh dan stabil ketika melesat di kecepatan tinggi, sehingga pengendara dapat melaju dengan percaya diri.

Honda Stylo 160 (ANTARA/HO/AHM)


Kepraktisan dan fitur

Model skutik terbaru Honda ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan bagasi 16,5 liter, tidak sebesar Honda Vario terbaru, namun masih sangat memadai, cukup untuk menyimpan satu buah helm dan beberapa benda kecil lainnya.

Selain dua kompartemen di bagian bawah pegangan kemudi (setang) yang cukup untuk satu buah botol air mineral 600 ml di masing-masing ruang, Stylo 160 juga memiliki kompartemen tambahan unik yang tidak banyak dimiliki skutik lainnya, yakni laci di bagian bawah dekat dengan kaki.

Baca juga: Mengintip kecanggihan motor listrik baru Honda karya anak bangsa

Kompartemen berupa laci tersebut cukup untuk menyimpan kunci, kabel charger, dan benda-benda kecil lainnya.

Tidak hanya itu, Honda Stylo 160 juga memiliki pengait di bagian depan dalam untuk tas, kantung plastik, dan benda lainnya yang dapat digantung.

Dari segi fitur, tampilan panel meter skutik ini juga telah sepenuhnya digital, menampilkan informasi-informasi yang lengkap, seperti indikator aki, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A dan Trip B.

Honda Stylo 160 juga telah lengkap dengan amunisi-amunisi modern, seperti fasilitas USB charger tipe A, kunci pintar Honda Smart key, dan sistem alarm pencurian.

Honda Stylo 160 (ANTARA/Pamela Sakina)


Harga

Honda Stylo 160 tersedia dalam dua jenis, yang salah satunya dapat dibedakan melalui sistem pengereman, yakni versi Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS).

Untuk Honda Stylo 160 tipe ABS dibanderol Rp30,4 juta (on the road Jakarta), ini tersedia dalam tiga warna yaitu Royal Green (hijau tua), Royal Matte Black (hitam matte), dan Royal Matte White (putih matte).

Sementara tipe CBS dipasarkan dengan harga Rp27,55 juta (on the road Jakarta), tersedia dalam tiga warna yaitu Glam Red (merah), Glam Black (hitam glossy), dan Glam Beige (krem).

Model ini juga dilengkapi dengan garansi rangka hingga lima tahun tanpa batas jarak tempuh (kilometer), garansi komponen injeksi PGM-FI selama lima tahun atau 60 ribu km, garansi mesin selama tiga tahun atau 36 ribu km, garansi kelistrikan selama satu tahun atau 12 ribu km.

Honda Stylo 160 (ANTARA/Pamela Sakina)


Kesimpulan

Secara keseluruhan, penulis sangat menyukai skutik ini. Honda Stylo 160 merupakan paket komplit yang cocok bagi pengendara yang tidak hanya ingin terlihat modis, namun juga menginginkan performa yang ciamik dari sebuah sepeda motor.

Baca juga: Honda Stylo 160 sudah siap di diler, berikut spesifikasinya

Baca juga: HPP Energy Indonesia luncurkan layanan berbagi baterai Honda e:Swap


Baca juga: Motor listrik Honda resmi dijual, mulai Rp33 juta

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024