Shanghai (ANTARA) - Terminal Otomotif Internasional Haitong Shanghai pada tahun lalu menangani rekor jumlah kendaraan yang diekspor, di tengah melonjaknya permintaan global untuk mobil China.

Dermaga Haitong di area pelabuhan Waigaoqiao, salah satu terminal ekspor mobil terbesar di China, mengekspor lebih dari 1,02 juta unit kendaraan pada 2023, menandai tahun kedua berturut-turut ekspor kendaraan melampaui angka 1 juta unit, kata Bea Cukai Shanghai pada Rabu (17/1).

Dermaga ini mencatatkan keberangkatan lebih dari 800 kapal ro-ro perdagangan luar negeri tahun lalu.

Paruh pertama Januari 2024 juga terbukti sibuk, dengan area pelabuhan Waigaoqiao menangani lebih dari 50.000 unit kendaraan yang diekspor pada periode tersebut. Selain itu, otoritas bea cukai setempat telah memperkenalkan sejumlah langkah untuk memfasilitasi perizinan bea cukai.

Terminal yang sibuk ini menjadi epitome ekspor kendaraan China yang melonjak tahun lalu. Ekspor mobil China melonjak 57,9 persen secara tahunan (year on year) mencapai rekor tertinggi 4,91 juta unit kendaraan pada 2023, menurut Asosiasi Manufaktur Mobil China (China Association of Automobile Manufacturers/CAAM). 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024