Jakarta (ANTARA) -
Persaingan industri otomotif di era elektrifikasi semakin berkembang, banyak produsen otomotif bergerilia membawa kendaraan mereka ke pasar yang sangat subur seperti Eropa, Amerika dan tentunya China.seperti yang dilakukan oleh Togg asal Turki.
 
Produsen kendaraan listrik asal Turki itu telah mengumumkan bahwa mobil keduanya akan memasuki pasar EV Eropa. Perusahaan ini menargetkan debutnya akan dilakukan pada akhir tahun 2024 di Jerman dan baru saja mengumumkan bahwa fastback T10F juga akan bergabung dengan model SUV T10X di sana.
 
Diperkenalkan lebih dulu pada ajang CES 2024, SUV Fastback T10F hadir dengan ukuran yang kompak, mobil ini hadir dengan dua pilihan penggerak roda belakang dan satu versi penggerak semua roda seperti dikutip dari ArenaEV pada Kamis.
T10F menjanjikan jangkauan yang mengesankan, untuk model penggerak roda belakang kendaraan ini sanggup menempuh jarak hingga 350 km atau 600 km, sedangkan versi penggerak semua roda menawarkan jangkauan hingga 530 km, sesuai perkiraan awal WLTP.
 
Varian all-wheel drive hadir dengan motor listrik ganda, menghasilkan tenaga 320 kW (sekitar 430 tenaga kuda) dan mendorong T10F dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 4,6 detik. Model penggerak roda belakang dilengkapi dengan motor listrik tunggal yang menghasilkan tenaga 160 kW atau sekitar 215 hp.
 
Semua varian dapat mengisi daya dari 20 hingga 80 persen hanya dalam waktu 28 menit. Selain itu, setiap model T10F dapat berfungsi sebagai catu daya eksternal.
 
Pelanggan juga nantinya akan dapat memilih antara level peralatan V1, V2 dan V2 dalam hal fitur otonom dan sistem keselamatan yang lebih canggih. Desain T10F, serta T10X, merupakan hasil kolaborasi antara studio desain Togg dan spesialis gaya ternama Italia Pininfarina.

Meskipun kedua model memiliki siluet dan garis bodi yang serupa, T10F menawarkan proporsi yang lebih sporty.
 
Perusahaan ini mengambil langkah berani untuk maju ke pasar Eropa, dengan rencana memperkenalkan kendaraannya di negara-negara seperti Perancis, Italia, Belanda, dan Swedia. Sasaran ambisius Togg adalah memiliki satu juta kendaraan listrik di jalan-jalan Eropa pada tahun 2032.
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024