Beijing (ANTARA) - Penjualan kendaraan di China naik 13,8 persen secara tahunan (year on year/yoy) ke angka 2,85 juta unit pada Oktober tahun ini, tunjuk data dari Asosiasi Manufaktur Mobil China (China Association of Automobile Manufacturers/CAAM) pada Jumat (10/11).

Lonjakan penjualan mobil di China berlanjut pada Oktober setelah serangkaian pameran dan kegiatan promosi otomotif membantu meningkatkan konsumsi, kata Chen Shihua, Wakil Sekretaris Jenderal CAAM. Chen menambahkan bahwa peluncuran model baru belakangan ini oleh beberapa produsen mobil juga membantu mendongkrak penjualan mereka.

Selama 10 bulan pertama 2023, produksi dan penjualan kendaraan masing-masing tumbuh sebesar 8 persen dan 9,1 persen (yoy), ungkap Chen.

Data pada Jumat itu juga mengungkapkan bahwa produksi dan penjualan kendaraan energi baru masing-masing melonjak 33,9 persen dan 37,8 persen pada periode Januari-Oktober. Ekspor kendaraan energi baru mencapai 995.000 unit, naik hampir dua kali lipat dibandingkan setahun sebelumnya.

Lebih lanjut Chen mengatakan konsumsi otomotif diperkirakan masih akan meningkat lagi sepanjang sisa tahun ini, seiring terus diterapkannya serentetan langkah propertumbuhan. 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023