Jakarta(ANTARA News) - Belajar tata tertib lalu lintas dan berkendara dapat dilakukan sejak dini lewat "Honda Safety Driving Simulator" yang diresmikan PT. Honda Prospect Motor di KidZania Jakarta, Sabtu.

Anak-anak dapat belajar mengendarai mobil lewat simulasi virtual, lengkap dengan setir, pedal gas, pedal rem, tuas transmisi untuk maju dan mundur pada simulator yang menyerupai permainan balap mobil di arena bermain.

Layar berukuran 26 inchi menampilkan simulasi jalan yang dilewati pengendara, petunjuk berkendara yang aman, dan pengenalan rambu lalu lintas.

Usai simulasi, anak-anak yang dinyatakan lulus akan mendapat Surat Izin Mengemudi yang berlaku untuk mengendarai miniatur mobil Honda di KidZania.

"Kami berharap ini jadi sarana edukasi yang baik untuk anak," kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor di Jakarta, Sabtu.

Dirlantas Polda Metro Jaya Dr. Chrysnanda Dwilaksana menambahkan, etika dalam berlalu lintas sebaiknya dilatih dan dipelajari sejak dini.

"Ini akan memberi pengalaman untuk anak- anak. Untuk meningkatkan kesadaran, disiplin, dan tanggung jawab bahwa keselamatan itu yang pertama dan utama," demikian Chrysnanda.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013