Jakarta (ANTARA News) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan bahwa dibangunnya sejumlah pabrik baru oleh beberapa agen tunggal pemegang merk (APM) merupakan salah satu indikasi positif pertumbuhan industri otomotif di Indonesia.

Dengan adanya penambahan kapasitas dari Nissan, Honda, Toyota, dan Daihatsu akan mampu membawa hasil posotif, termasuk dalam IIMS 2013 yang akan digelar 19 sampai 29 September mendatang, kata Ketua Gaikindo Sudirman MR dalam jumpa pers Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-21 di Jakarta, Kamis.

Sudirman menyebut bahwa pameran otomotif terbesar di dalam negeri IIMS ke-21 merupakan barometer industri otomotif Indonesia.

Sudirman mengatakan, dengan menjadi barometer industri otomotif Indonesia, IIMS 2013 tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran kepada dunia internasional akan kemajuan kinerja industri otomotif Indonesia.

IIMS 2013 akan mengusung tema "Smart Vehicle Mobility" yang berarti pengenalan sistem transportasi dengan standar efisiensi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, dan juga mengurangi emisi gas buang yang berlebih.

Dengan mengangkat tema tersebut, industri otomotif ingin mendorong perilaku cerdas berkendara dan tidak hanya mempertimbangkan kenyamanan visual namun juga memiliki teknologi hemat energi dan mengurangi emisi gas buang.

Pada IIMS 2012 lalu, total transaksi yang dibukukan para peserta pameran otomotif dalam IIMS mencapai Rp4 triliun, yang naik 56 persen dari tahun 2011, dengan total pengunjung mencapai kurang lebih 350.000 orang.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013