Jakarta (ANTARA) - PT Honda Prospect Motor teknologi konektivitas Honda Connect untuk pertama kalinya di Indonesia, merupakan fitur yang dapat menghubungkan kendaraan dengan ponsel pintar pemilik kendaraan dengan teknologi internet.

Honda Connect pertama kali disematkan pada All New Honda CR-V yang baru diluncurkan pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

"Kami berharap melalui teknologi ini memudahkan pemilik untuk mendapatkan informasi dan layanan dengan lebih cepat. Kami berencana agar ke depannya teknologi canggih ini disematkan pada berbagai model Honda," ujar New Business Planning Senior Manager PT HPM Ferdianto Budiono dalam rilis pers, Rabu.

Honda Connect menawarkan teknologi konektivitas yang mengedepankan kemudahan, keselamatan serta keamanan, sehingga dapat melayani pengguna dalam mengakses berbagai fitur unggulan.

Fungsi kemudahan membantu pengguna untuk mendapatkan informasi dengan lebih cepat melalui ponsel pintar.

Baca juga: Kolaborasi HPM bersama The Elite lahirkan WR-V bergaya sporty

Pengguna dapat menemukan fitur Vehicle Status untuk mengakses berbagai informasi secara aktual tentang kondisi kendaraan seperti tingkat bahan bakar, status baterai hingga status airbag.

Terdapat pula fitur Remote Vehicle Control yang memungkinkan pengguna mengontrol fungsi kendaraan melalui ponsel pintar di mana pengguna dapat mengunci dan membuka pintu, menyalakan mesin dan AC, hingga mengontrol mobil untuk memberikan respons berupa lampu yang berkedip pada saat pengguna mencari posisi mobil.

Sementara pada fungsi keselamatan pengguna, Honda Connect memiliki fitur Automatic Collision Detection yang bekerja untuk mengirim notifikasi secara otomatis ke layanan darurat Call Center Support dan ponsel pintar pengguna pada saat kecelakaan yang menyebabkan airbag depan mengembang.

Kemudian Call Center Support akan menghubungi pengguna. Melalui fitur ini, pengguna akan mendapatkan bantuan secepat mungkin.

Setelah itu terdapat fitur Security Alarm yang aktif apabila kendaraan pengguna mengalami gangguan yang menyebabkan alarm kendaraan menyala seperti membuka pintu mobil secara paksa.

Fitur tersebut akan bekerja untuk memberikan notifikasi tentang kondisi dari kendaraan ke ponsel pintar pengguna. Terdapat pula fitur Speed Alert yang di mana pengguna mendapat notifikasi ke ponsel pintar saat kendaraan melewati batas kecepatan yang telah ditentukan.

Baca juga: Mobil konsep Honda SUV e:Prototype ditampilkan perdana di Indonesia

Dalam fungsi Security, terdapat berbagai fitur yang meningkatkan rasa aman pengguna terhadap kendaraannya. Fitur Find My Car mempermudah pengguna untuk menemukan posisi kendaraan terkini maupun sedang terparkir.

Terdapat pula fitur Geofence yang akan memberi notifikasi apabila kendaraan melaju keluar atau masuk dari radius dan lokasi yang sudah ditentukan.

Kemudian terdapat pula fitur Emergency Call yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menghubungi Honda Customer Care dan Experience Honda di saat keadaan darurat, sehingga Call Center Honda dapat memanggil bantuan terdekat.

Kami berharap dengan adanya teknologi konektivitas ini di model flagship Honda membuat pengguna dapat lebih personal dan terhubung dengan kendaraannya," kata Large Project Leader of Honda Connect. Asian Honda Motor Co., Ltd., Automobile Business Yasuhiro Kawano.

Honda Connect dapat diakses melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone di Google Play, Apple App Store serta Huawei AppGallery.

Baca juga: Honda luncurkan All New CR-V Hybrid di GIIAS 2023
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023