Jakarta (ANTARA News) - Baru diluncurkan, sport utility vehicle (SUV) premium All New Sorento sudah terpesan 50 unit. Model itu pun sudah bisa dibawa pulang oleh pelanggan pada bulan ini. 

"Yang sudah SPK sebanyak 50 orang sebagian besar (pemesan) dari Jakarta dan bisa dibawa pulang langsung pada bulan ini," kata Direktur Pemasaran PT. KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono disela peluncuran All New Sorento di Jakarta pada Selasa (9/4). 

Hartanto mengatakan PT. KIA Mobil Indonesia menargetkan SUV premium itu akan terjual sebanyak 600 unit hingga akhir tahun ini dan ia tidak menyebutkan berapa banyak pasokan All New Sorento yang dikirim ke Indonesia. 

KIA berhasil menjual 2.72 juta unit kendaraan secara global pada tahun lalu dan KIA Indonesia berhasil menjual 13.600 unit pada tahun lalu dengan pertumbuhan sebesar 50.3 persen.

Model KIA All New Picanto masih menjadi primadona dengan pangsa pasarnya sebesar 60 persen, diikuti KIA Rio dan All New Sportage. 

"Tahun ini kami juga menargetkan pertumbuhan juga lebih dari 50 persen atau di atas 14.000 unit," katanya. 

Untuk mencapai target itu, KIA Indonesia akan meningkatkan layanan purna jual seperti penambahan outlet 3s dan 1s hingga akhir tahun ini.

Saat ini KIA memiliki outlet sebanyak 53 buah di seluruh Indonesia. KIA melihat pasar SUV segmen-D seperti KIA All New Sorento, Hyundai Santa-Fe, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport akan lebih besar dan laris ketimbang pasar SUV segmen-C seperti Honda CR-V dan KIA Sportage. 

KIA Indonesia tidak memiliki strategi ampuh untuk menggoyahkan pasar SUV kelas menengah yang dikuasai Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. 

"Target kita hanya 600 unit. Tidak ada apa-apanya dengan mereka (Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport)," katanya. (adm) 
        

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013