Jakarta (ANTARA News) - PT KIA Mobil Indonesia belum akan meluncurkan model-model KIA bermesin diesel di Indonesia dengan alasan pasokan solar yang belum maksimal di seluruh wilayah negeri ini.

Padahal KIA sudah memiliki model-model dengan mesin diesel di luar negeri, termasuk yang baru diluncurkan SUV All New Sorento, tapi KIA hanya menyediakan yang bermesin bensin di Indonesia.

"Kami punya varian bermesin diesel, All New Sorento pun ada yang bermesin diesel tapi saat ini belum dibawa ke Indonesia," kata Direktur Pemasaran PT. KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono kepada ANTARA News di Jakarta pada Rabu (10/4).

Hartanto mengakui model-model bermesin diesel sangat menarik pelanggan, mengingat harganya yang murah. Pesaing SUV All New KIA Sorento di Indonesia seperti SUV Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport pun sudah lama hadir dalam dua varian, mesin bensin dan diesel.

KIA Indonesia melihat pasokan solar ke seluruh Indonesia belum merata sehingga menyebabkan kelangkaan solar bahkan ada laporan harga solar yang tidak seragam.

"Coba lihat kota-kota di luar Jakarta, banyak SPBU yang solarnya kosong. Kalau kita luncurkan sekarang, kasihan konsumen kita yang berada di luar Jakarta," katanya.

Faktor lainnya, pemerintah memiliki rencana untuk mengurangi subsidi bahan bakar minyak di masa depan dan harga solar yang murah saat ini berkat subsidi pemerintah.

"Sekarang harga solar masih murah tapi setelah subsidi solar dikurangi dan harganya menjadi mahal, apakah pelanggan akan tetap menggunakan solar?. Kami masih akan melihatnya," katanya.

Meskipun demikian, KIA berjanji akan meluncurkan model-model KIA bermesin diesel di Indonesia. "Pokoknya tunggu saja kita lihat situasi dulu. Nanti kita pasti luncurkan kok," katanya.

(adm)
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013