Jakarta (ANTARA) - EVgo dan General Motors meresmikan lokasi Stasiun Pengisian Ulang Cepat tipe DC untuk electric vehicle atau kendaraan listrik yang ke-1.000 di Amerika Serikat (AS).

Kolaborasi GM dan EVgo dilakukan guna meningkatkan infrastruktur yang semakin berlimpah di AS, yang akan semakin memudahkan pemilik kendaraan listrik mengisi daya untuk kendaraan mereka.

“EVgo dan GM bekerja sama untuk memperluas akses pengisian daya publik di mana pengemudi EV menghabiskan waktu, seperti toko kelontong, pusat ritel, dan pusat kota, sekaligus melayani kebutuhan pelanggan yang tidak dapat mengisi daya di rumah atau kantor, seperti penyewa dan mereka yang tinggal di tempat tinggal banyak keluarga,” kata perusahaan seperti yang disiarkan oleh Inside Ev, Minggu (6/8) waktu setempat.

Baca juga: Tujuh produsen otomotif dirikan fasilitas pengisian daya cepat di AS

Kemitraan GM dan EVgo pertama kali diumumkan pada tahun 2020. Saat itu, mereka merencanakan untuk menyebarkan sekitar 2.700 kios individual di 40 wilayah metropolitan hingga akhir tahun 2025.

Pengisi daya pertama dipasang pada tahun 2021, dan pada tahun yang sama, kedua mitra tersebut meningkatkan rencananya untuk membuka sekitar 3.250 kios pengisian individual dan 52 wilayah metropolitan.

Pada awal Agustus, seribu kios pengisian daya dikerahkan (hampir 31 persen dari rencana) di hampir 230 lokasi di 39 pasar yang mencakup 27 negara bagian. Menurut perusahaan tersebut, pengisian cepat ini memiliki output daya puncak 350 kilowatt (kW).

Pengisi daya ke-1.000 itu dipasang di Woodridge, Illinois, pinggiran kota Chicago, di stasiun pengisian daya yang baru selesai dibangun di Woodgrove Festival Shopping Mall. EVgo mengatakan bahwa ini adalah lokasi ritel utama dalam jarak berkendara singkat dari Interstates 55 dan 355.

Setiap pengisi daya sudah dilengkapi dengan dua keluaran (A dan B) untuk melayani dua kios individual dan mengisi daya hingga dua kendaraan listrik secara bersamaan.

Baca juga: Casion luncurkan aplikasi Cas-Ion untuk pemilik EV

Baca juga: 90 persen jalan tol di China dilengkapi tiang pengisian daya

Baca juga: GM gabung dengan jaringan pengisian daya mobil listrik Tesla di AS

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023