Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil sport Lamborghini meluncurkan mobil super terbaru Lamborghini Veneno di ajang pameran otomotif Jenewa untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-50.

Model yang berbasis Lamborghini Aventandor itu memiliki tenaga 740 bhp dan 221mph, menurut laporan Auto Car pada Selasa (5/3).

Hebatnya, ketiga model itu sudah laku terjual dengan harga satu unitnya 3 juta euro ditambah pajak (sekitar £ 3.120.000). Jika dirupiahkan, satu model Lamborghini Veneno berharga sekitar Rp 29 miliar. Model itu adalah prototipe Lamborghini yang dapat 'ngebut' di jalanan dan trek balap.

Desain model itu berdasar Aventador tetapi ada beberapa perubahan kunci yang Lamborghini sebut sebagai "mobil balap jalanan yang legal.

Tubuhnya, seperti sasis monocoque, menggunakan serat karbon yang diperkuat polymer. Tubuh model itu dirancang lebih  efisiensi dan aerodinamis. Sayap depan dipisahkan dari tubuh seperti prototipe mobil sport.

Pelek roda yang macho berukuran 20-inci di bagian depan dan pelek 21-inch di bagian belakang. Kekuatan mesin lebih handal berkat lubang sirkulasi udara yang diperbesar dan sistem pembuangan dengan tekanan pada bawah.

Model itu menggunakan transmisi gear box tujuh percepatan manual atau otomatis, mesin penggerak semua roda dan suspensi pushrod yang diadaptasi dari Aventador.

(adm)
Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2013