Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil mewah Volvo akan meluncurkan empat model terbaru mulai 2014, dimulai dari pengganti SUV XC90. 

Setelah SUV XC90, produsen mobil asal Swedia itu akan memperkenalkan sedan S80 terbaru, estate V80 dan model C80 terbaru. Model C80 terbaru adalah coupe 2+2 dengan wheelbase yang lebih pendek. 

Menurut Autocar, semua model baru itu berdasarkan platform Scaleable Platform Architecture terbaru dan menggunakan mesin bensin empat silinder VCA atau mesin diesel empat silinder VCA. 

Model-model itu ini akan menggunakan dua transmisi manual atau transmisi otomatis delapan percepatan seperti dikutip inautonews pada Selasa (19/2).  

Mesin bensin empat silinder terbaru akan menghasilkan tenaga 140 - 280 tenaga kuda sedangkan mesin diesel empat silinder akan menghasilkan tenaga 120 - 230 tenaga kuda. 

Laporan itu juga menegaskan Volvo tidak akan menawarkan mobil dengan mesin V6 atau V8 di masa depan. Mobil dengan mesin penggerak semua roda akan ditawarkan dengan pilihan transmisi hybrid yang menggunakan mesin listrik penggerak roda belakang. 

Model S80 dan V80 terbaru cenderung diluncurkan pada 2015 sedangkan model coupe terbaru yang berukuran lebih pendek dari S80/V80 diharapkan memiliki kabin yang luas.  

Adapun SUV XC90, Volvo tidak akan mengubah resep terlalu banyak dibandingkan dengan model saat ini.

(adm)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2013